Ide Kreatif Pemanfaatan Limbah Kayu Papan Skate

Kamu punya hobi mengkoleksi aksesoris ? Nih, ada satu produk kreatif asal Solo, Jawa Tengah yang bisa nambah daftar koleksi aksesoris kamu. Namanya Loosewood, “Loose” artinya bebas dan “Wood” yang berarti kayu, merupakan sebuah brand yang berkonsep recyled atau mendaur ulang.

Berawal dari kesukaan dan hobi Andhika Praditya bermain papan luncur atau skateboard ditambah dengan concern-nya terhadap seni handicraft, membuat Andhika memahami tentang limbah kayu papan skate yang ternyata masih dapat diolah dan dikreasikan menjadi sesuatu yang berguna dan memiliki nilai jual.

Kemudian pada 2014, Andika dan tim mulai melakukan riset untuk mengolah dan belajar secara otodidak tentang cara pembuatan produknya. Hasilnya, pada 2015 Loosewood menluncurkan produk yang siap dan layak untuk dipasarkan. Produk Loosewood sendiri ada banyak banget macemnya, mulai dari kacamata, jam tangan, cincin, anting, kalung dan produk kreatif lainnya. Coba cek jam tangan dan kacamata yang menjadi produk unggulan dari Loosewood deh! Design dan tampilannya kereeeeen banget!

Nah, yang unik dari produk Loosewood tentunya selain proses pembuatannya yang manual dengan tangan atau lebih kita kenal dengan sebutan handmade, produk Loosewood ini juga limited, karena setiap warna kayu dan tekstur papan skateboard yang menjadi bahan dasarnya itu sendiri berbeda – beda. Untuk cara merawatnya juga enggak repot, sama seperti merawat produk aksesoris pada umumnya, hanya saja karena berbahan dasar kayu jadi perlu berhati – hati sedikit dengan air.



Sumber foto : Loosewood