InspirasiFashionBatikyangNggakMonoton

October 01, 2018Qubicle Fashion
Fashion batik para influencers yang bisa kamu contek gayanya di Hari Batik

Sudah menjadi ciri khas tersendiri bagi dunia fashion Indonesia untuk senantiasa menonjolkan sentuhan kain Batik. Warisan budaya lokal dengan motif tradisional ini memiliki karakter yang agung nan elegan yang sangat diminati oleh pecinta fashion lokal maupun internasional. Fashion Batik yang kembali menjadi spotlight, Batik yang sebelumnya sempat ditinggalkan sudah menunjukkan kemajuan yang signifikan di dunia fashion hingga mendunia. Alhasil, unsur tradisional nan elegan dari Batik sudah dapat dikenakan pada ragam jenis acara yang kekinian. Pasalnya, para desainer telah membumbui desain fashion Batik dengan sentuhan modern tanpa menghilangkan unsur tradisional yang elegan tersebut. Contek ragam variasi Batik yang tidak terkesan monoton seperti yang dikenakan oleh para influencers lokal di bawah ini.


Outerwear Batik yang Edgy A la Anazsiantar


Outerwear yang modern gaya yang ditonjolkan Anaztasia Siantar. (Foto: Dok. Instagram)


Kita pasti setuju kalau outerwear selalu menjadi fashion item terbaik yang sukses mentransformasi tampilan outfit kita menjadi trendy dan stylish. Hal itulah yang disadari influencer papan atas Anazsiantar yang men-highlight outerwear bermotif batik. Dengan tema monkomatik, fashion Batik Anazsiantar memilih sentuhan warna dark brown pada motif Batik bernuansa etnik nan modern. Ia kemudian memadu-padankan dengan innerwear berwarna putih polos yang selaras dengan warna dasar pada outerwear Batik tersebut.
Namun,  tujuan utama dari pemilihan innerwear berwarna plain white untuk menonjolkan tampilan fashion Batik berupa outerwear itu sendiri. Setelah itu, baru deh, nuansa edgy dapat diperlihatkan lewat high waist boots berwarna hitam. What a super fashionable look in Batik, right!

Teknik Layering Batik ala Gita Savitri


Layering yang dilakukan Gita Savitri. (Foto: Dok. Instagram)


Meskipun Indonesia beriklim tropis, hal itu tidak mengurung kecintaan influencer Gita Savitri pada teknik layering. Bahkan, dalam dominasi fashion Batik, Gita turut memamerkan keberhasilannya dalam memadu-padankan beberapa oversized fashion item. Hal itu dilakukan dengan memanfaatkan fashion Batik kedalam bentuk rompi panjang sebagai outerwear yang menutup sebagian besar innerwear berwarna putih polos. Tentu, keduanya hadir dalam desain oversized yang disesuaikan dengan desain kulot bermotif Batik yang sama persis. Menariknya, motif Batik yang dihadirkan ditampilkan dalam kombinasi plain black color yang hadir berdampingan dalam satu desain. Setelah itu, penggunaan white sneakers-pun dijadikan sebagai opsi terbaik untuk membuat penampilan semakin edgy.


Matchy-Matchy From Head to Toe a la Nazla Alifa


Insprasi gaya set yang bisa kalian contek dari Nazla Alifa. (Foto: Dok. Instagram)

Kombinasi fashion Batik dengan keunikan same pattern in same color memang masih menjadi perhatian utama di tahun 2018 ini. Biasanya, tampilan outfit semacam ini cocok untuk kamu yang suka dengan dominasi penampilan beraksen sederhana namun tetap sophisticated, seperti yang digemari Nazla Alifa. Influencer cantik berambut pendek ini suka memilih penampilan yang laid back dengan satu set busana bermotif sederhana. Fashion Batik yang didominasi permainan motif dan warna maroon, Nazla Alifa menonjolkan tampilan casual.Meski begitu, tampilan fashionable tetap ditonjolkan melalui penggunaan aksesori yang bersifat minimalis seperti jam tangan berwarna emas. Sebagai rekomendasi, kamu dapat menukarnya dengan gelang atau kalung emas yang mempercantik segalanya. Sebagai tambahan, kalian bisa kombinasikan inspirasi fashion Batik yang dipamerkan oleh para influencer lokal di atas dengan cara memanfaatkan koleksi Batik dari brand lokal seperti Kasmaran Indonesia dan Sejauh Mata Memandang. Semuanya memiliki ciri khas kekinian yang tidak monoton untuk dijadikan sebagai tampilan fashion batik terbaikmu.


Kasmaran Indonesia by Sonia Eryka



Berawal dari rasa penasaran sekaligus kecintaan influencer Sonia Eryka pada fashion lokal, Kasmaran Indonesia hadir dengan nuansa trendy namun nostalgic yang sangat Indonesia. Hal ini terlihat dari koleksi busana Batik yang hadir dengan sangat sempurna. Tentu, hal itu bukan semata-mata dari desainnya yang modern dengan nuansa young and fun, tetapi teknik Batik yang hakiki. Benar sekali! Fashion Batik yang dihadirkan brand ini terlukis dari teknik membatik tradisional seperti batik cap dan batik tulis sehingga it’s totally not an easy printed one. Tidak hanya itu, Sonia turut memberi sentuhan trend yang lebih edgy dan versatile. Mulai dari slit pants dengan detail khusus pada bagian depan, slip dress Batik berwarna meriah, hingga knotted top bernuansa summer yang bisa dipadu-padankan dengan fashion item apapun. Tentu, masing-masing memiliki sense of style yang luar biasa sehingga membuat segalanya sangat istimewa. Untuk mendapatkannya, kamu bisa melihat beberapa inspirasi fashion Batik dari akun Instagram @kasmaranindonesia dan situs resminya.


Oemah Etnik


Berdiri sejak 2015, Oemah Etnik resmi menjadi salah satu brand Batik lokal ternama yang turut menjadi bukti kecintaan Rizki dan Rizka Triana pada traditional fabric. Fashion Batik yang dihadirkan brand ini memang secara konsisten menonjolkan historical pattern yang penuh makna.

Koleksi fashion Batik bertajuk Chakra yang berarti “Roda” sebagai simbol perjalan hidup yang naik-turun hingga Aruna yang terinspirasi dari Bunga Nenas sebagai simbol dari 99 sifat utama sang Pencipta. Masing-masing dirancang dengan kombinasi teknik tradisional namun dengan desain yang modern. Tentu, permainan warna yang dihadirkan tidak hanya fokus pada warna netral atau basic seperti hitam dan putih. Ada permainan warna cerah lainnya seperti pink, kuning, hijau dan masih banyak lagi. Menariknya, semuanya ditonjolkan dalam nuansa kekinian yang tidak menyurutkan ciri khas Batik yang tradisional.
Hal tersebut terlihat dari beberapa koleksi andalan seperti batik cap sleeves top yang sederhana, a-line dress yang elegan serta aksesori berbahan yang menonjolkan fashion Batik terbaikmu. Untuk mendapatkannya, intip inspirasinya di akun Instagram Oemah Etnik dan situs resminya.


Sejauh Mata Memandang

Lahir dari seorang fashion stylist sekaligus fashion designer kenamaan Indonesia, Chitra Subyakto, Sejauh Mata Memandang tentu saja memiliki koleksi fashion Batik yang luar biasa. Tanpa terkecuali, proses perancangan yang dibangun dari tangan-tangan para craftswomen Indonesia yang profesional. Menariknya, koleksi fashion Batik yang ditawarkan hadir dengan nuansa tradisional nan elegan namun tetap menyesuaikan gaya kekinian. Hal ini tercermin dari satu ciri khas khusus yang secara konsisten menonjolkan aksen simpel yang disebut sebagai definisi penampilan sophistication yang modern. Semuanya tidak hanya tercermin dari koleksi Batik-nya yang mengacu pada top, dress, pants maupun skirts, lho, tetapi juga beberapa pilihan kain bermotif Batik yang sederhana. Permainan warna pun turut menyesuaikan karakteristik tersebut dengan kesesuaian antara satu dengan yang lainnya. Jadi, tidak usah diragukan lagi, penampilan fashion Batik dengan inspirasi Sejauh Mata Memandang dipastikan akan membuat kalian tampil seperti masuk ke dalam adegan lawas di film-film modern khas Indonesia. Begitu anggun dan elegan namun sangat modern untuk dinikmati.


Populo Batik


Memadukan ciri khas budaya Indonesia dan luar negeri rasanya menjadi salah satu tujuan dari brand Populo Batik. Hal itu terbukti dari desain keinian yang hadir melalui motif, penggunaan warna dan siluet.
Kolaborasi terbaru, Populo Batik dan Marleen dari Hochscule Pforzheim Germany menyuguhkan koleksi fashion Batik yang mengesankan untuk para pencinta fashion Batik Millenial. Populo Batik juga memamerkan desain etnik yang terinspirasi dari Nepal. Hal ini terlihat dari beberapa koleksi yang menonjolkan kimono, loose tunics dan cape with cigarette pantsTentu, kalian pasti akan merasakan dua nuansa budaya yang mengombinasikan unsur tradisional dan modern sebagai satu kesatuan. Untuk menikmati penampilan tersebut, kalian dapat segera mengintip inspirasi terbaik Populo Batik melalui situs resminya. 


So, apa pilihanmu terhadap penampilan modern yang stylish dalam balutan Batik? Coba padu padan fashion Batik andalanmu, yuk!


Oleh : Mariana Politton





Like what you read? Give Qubicle Fashion your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Fashion

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US