JajananTradisionalLegendarisyangBikinNarsis

August 08, 2018Qubicle Culinary
Ada yang hampir punah dan ada pula yang naik kelas. Kami ajak kalian bernostalgia dengan menyajikan jajanan tradisional yang melegenda
  Kanan ke kiri: Cilor, maklor, telur puyuh, dan milor dengan harga seribuan (Foto: Qubicle)  

Sadar atau nggak, jajanan tradisional generasi 90an ini sebenarnya udah ada lama di sekitar kita apalagi yang dulu sering jajan di sekolah-sekolah. Tapi belakangan ini pamornya lagi up banget bahkan jadi viral di media sosial, guys. Pecinta kuliner juga banyak yang hunting buat sekedar narsis posting jajanan tradisional ini supaya dapat likes banyak. Cara pembuatannya sederhana dengan rasa yang nagih karena bumbu micin yang dipakai beragam rasa, mulai dari rasa jagung manis, keju, gurih, pedas, ada semua. Check these out!    


Cilor

  aci-telor yang kini dimodifikasi dengan tambahan makaroni dan tambahan bumbu pedas (foto: Qubicle)  

Nama beken untuk aci-telor. Sesederhana itu, potongan aci dengan telur puyuh dimatangkan dalam cetakan loyang kecil-kecil (mirip loyang untuk membuat takoyaki). Lalu diangkat, diberi bumbu-bumbu, dan disatukan dalam plastik. Di salah satu penjual cilor yang sering aku jajan bahkan juga menjual maklor (makaroni-telor) dan milor (mie-telor). Jadi dalam satu loyang kalian bisa dapet banyak jenis, dengan harga seribu aja per loyang. Semua jenis jajanan ini menggunakan larutan aci yang membuat tekstur kenyal menjadi trademark mereka.

Lokasi: Jl. Palmerah Utara IV No. 88, Jakarta Barat (Sebelah SDN Palmerah 07 Pagi)  

Milor

  Milor tradisional yang sudah digoreng matang dan diberi bumbu (Foto: Qubicle)  

Jajanan tradisional yang disingkat dari mie-telor. Ada yang dijual dalam bentuk gulung dengan tusukan, ada yang dalam bentuk bulat pipih.. Harganya sama, seribu per tusuk. Sekarang sudah mulai dipopulerkan di restoran ataupun tempat nongkrong Jakarta. Ada juga yang spesifik memasarkan dengan mengangkat brand mie instan. Belum cukup inovasinya? Yup, beberapa tempat menjualnya dengan saus keju, saus blackpepper, bumbu taichan, dll. Pastinya, harga jadi ga se-friendly kalau beli di sekolah-sekolah kalian dulu, ya. Tapi bagi yang nggak mau panas-panasan hunting jajanan tradisional ini di pinggir jalan, tentunya tempat nongkrong dengan menu ini menjadi alternatif.

Lokasi: Jl. Palmerah Utara IV No. 88, Jakarta Barat (Sebelah SDN Palmerah 07 Pagi)    


Telung

   Contoh telur gulung naik kelas: pakai keju mozzarella! (Foto: Qubicle)  

Ini dia jajanan tradisional SD yang paling viral di media sosial. Telur gulung, simply dibuat dari campuran aci dan telur. Sebenarnya bentuknya beda tipis ya dengan milor. Beberapa ditambahkan daun bawang atau bahan lain sesuai selera. Lalu dituangkan ke minyak goreng panas dan digulung menggunakan tusuk sate. Selain di sekolah-sekolah, sering juga ditemukan di bazaar makanan dalam mall di Jakarta. Bahkan udah ada inovasi telung pakai keju mozzarella ataupun saus mentai, guys. Telur gulung jajanan tradisional yang sudah naik kelas!

Lokasi: Ruko Crystal Lane No. 21, Alam Sutera, Tangerang (Warunk Exito)


Baklor

  Baklor kekinian, disajikan dalam jumlah banyak dalam wajan kecil (Foto: Qubicle)  

Berbeda dengan martabak telur yang biasa kita temukan di restoran Aceh dengan potongan persegi pipih, baklor ini berbentuk bulat pipih kecil dengan bahan dasar telur dan aci. Kadang ada yang pakai isian daun bawang. Sayangnya tukang baklor langgananku udah nggak jualan di tempat biasa. Tapi berhasil nemu baklor kekinian di salah satu tempat nongkrong di Jakarta, nih.  

Alamat: Ruko Crystal Lane No. 21, Alam Sutera, Tangerang (Warunk Exito)


Sostel

  Bentuk sostel modern yang dibuat menggunakan alat otomatis (Foto: Qubicle)  

Sosis dibalut dengan telur, dijual seribu per pcs dan selalu bikin kalap orang yang jajan. Biasanya penjual membentuk sostel secara manual menggunakan tangan, nggak heran kalau telurnya suka copot-copot waktu kita makan. Tapi sekarang sudah ada alat tersendiri, lho, untuk menghasilkan sostel yang padat dengan bentuk yang cantik.
Penjual tinggal menuangkan telur dari cangkangnya, tunggu beberapa saat, lalu masukan sosis yang sudah ditusuk dengan tusukan sate. Bisa kalian tinggal sebentar, dan sostel akan muncul ke atas dengan sendirinya. Hebat bener inovasi teknologi untuk jajanan tradisional yang satu ini.

Lokasi: Graha Bintaro Selatan 2 Gr.12/2, Tangerang Selatan (booth Popchick Chicken, depan Klinik Gigi Hermawati)


  Alat untuk membuat sostel modern (Foto: Qubicle)  

So, mana yang paling kalian suka? Atau mana yang kalian belum pernah coba? Pastinya jajanan tradisional seperti ini merupakan kebanggaan Indonesia dan perlu kita lestarikan mengingat makin ke sini jajanan tradisional ini sudah makin langka!

Penulis: Miranti Devina

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US