KampungKatulampa:BukanCumaBanjirAja,TapiWarna-WarniJuga

March 12, 2018Qubicle Art
Kampung Katulampa yang disulap menjadi kampung warna-warni...

Katulampa, sebuah daerah di Bogor, yang selalu disangkutpautkan dengan banjir di Jakarta. Ya, memang, karena pintu air sungai Ciliwung yang mengalir ke Jakarta ada di sana. Tapi selain menjadi tempat penanda banjir Jakarta, tempat ini memiliki Kampung Warna-Warni yang mungkin banyak orang belum tahu.

Sebenarnya kampung ini, sama seperti kampung warna-warni di kota-kota lainnya. Dimana seluruh wilayah kampung digambar dengan cat warna-warni dan menjadi tempat foto-foto. Namun, mereka tidak hanya menginginkan seperti itu saja. Ahmad Faiz Fahrudin, sebagai insiator dari Kampung Warna-Warni, berkolaborasi dengan sejumlah komunitas di Bogor, diantaranya Cine Club Boitenzorkh, Bogor Graphic Designer dan GSRB Kolektif membuat Festival Kampung Warna-Warni.

Berawal dari inisiasi para komunitas yang ingin merespon sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Biasanya mereka membuat acara di mall ataupun café. Kali ini mereka menjadikan kampung Katulampa menjadi medium berkeseniannya. Dengan tujuan ingin membuat kampung Katulampa ini bukan sekedar tempat wisata untuk berfoto saja. Hal itu disetujui oleh Kang Faiz yang menginginkan suatu gerakan untuk mendorong masyarakat suatu kampung agar menyadari potensi, tantangan dan peluang terhadap wilayahnya sendiri serta bisa terjadi sebuah pergerakan yang berkelanjutan.

Maka festival yang dibuat selama dua hari ini, memiliki beberapa program workshop untuk anak-anak di Kampung Warna-Warni. Tidak hanya workshop untuk pemuda yang ada di kampung tersebut, ada juga mural dari The Popo yang merespon Kampung Warna-Warni.

Kepedulian terhadap kampung halaman sendiri memang terasa sangat penting. Karena jangan sampai menjadi orang yang seperti kacang lupa akan kulitnya. Salah satu cara agar hal tersebut tidak terjadi adalah dengan berkontribusi secara langsung untuk kemajuan kampung maupun masyarakatnya. 


Like what you read? Give Qubicle Art your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Art

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US