KONSOL-KONSOL TERANEH DALAM SEJARAH VIDEO GAME

Guys, coba bayangin berapa banyak konsol video game yang udah ada sampe sekarang dari jaman diciptain pertama kali dulu. Nah, dari sekian banyak konsol, ada juga lho yang aneh-aneh. Seaneh apa sih inovasi dari para pembuatnya? Coba nih kita liat.

1. APPLE PIPPIN

Siapa sangka kalau Apple juga pernah ngeluarin konsol game. Buktinya, sebelum iPod pertama ada, Apple yang menggandeng Bandai sempat ngeluncurin konsol yang namanya Apple Pippin. Desainnya unik dengan konsep hybrid, konsol ini udah memakai sistem operasi Macintosh yang dimodif.

Waktu itu konsol ini diperkenalkan sebagai komputer terjangkau atau tanpa keyboard. Karena itu, konsol ini menggunakan kontroler bernama AppleJack. 25 judul game diduga sempat dirilis buat si Apple Pippin ini. Salah satu game yang paling tenar adalah Bungie's Marathon.

2. PIONEER LASERACTIVE

Kalau yang satu ini lahir sebelum DVD booming guys. Waktu lagi hits-hits nya, Pioneer juga nyoba ngeluncurin konsol game yang bernama LaserActive. Tapi, konsol ini dibilang aneh bukan karena bentuknya tapi karena harga konsolnya.

Bayangin aja, konsol ini dibanderol US$ 970 atau setara dengan Rp 13 juta pada waktu itu. Gokil, mahal banget kan guys. Dan itu baru konsolnya doang guys! Buat dapetin 'Control Pack' yang bisa dipake buat mainin Sega Genesis atau TurboGrafx-16, Player kudu ngeluarin uang sekitar Rp 8 juta buat masing-masing perangkat. Wow…

3. VIEW-MASTER INTERACTIVE VISION

Pada umumnya, konsol game menggunakan cartridge atau optical disk buat mainin game-nya. Tapi View-Master Interactive Vision ini beda guys. Gimana nggak, konsol ini menggunakan kaset video, bentuk konsolnya juga aneh guys. Padahal View-Master Interactive Vision ini diluncurkan pada era-80an.

Controller konsol ini adalah sebuah joystik non-ergonomis yang keliatan kayak alat pancing dengan tombol warna-warni. Sungguh aneh.

4. SUPER LADY CASSETTE VISION

Bukan Jepang namanya kalau nggak bikin game yang super inovatif. Kayak yang satu ini nih, ada konsol yang khusus dibuat untuk gamer perempuan. Perusahaan bernama Epoch ngeluncurin konsol game yang namanya Super Lady Cassette Vision pada tahun 1984.

Pas diluncurin, konsol yang dominasi warnanya pink ini ternyata sempet jadi saingan beratnya NES. Bahkan, konsol ini muncul dengan game yang berjudul Milky Princess. Tapi karena kurang sukses ngerebut hati pemain di Jepang, akhirnya mereka gulung tikar pas Nintendo ngeluncurin Famicom.

5. TELSTAR ARCADE

Satu lagi nih guys. Ada konsol bernama Coleco's Telstar Arcade yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1977. Gak tanggung-tangung, konsol ini adalah gabungan dari 13 konsol. Setiap Telstar punya fitur berbeda. Sisi kirinya, ada setir kemudi dan perseneling, lalu di sisi kanan ada tempat peyimpanan pistol, dan di bagian depan terdapat berbagai kontroler untuk bermain game mirip Pong. Palugada ya guys.

Sumber Photo

- Cover & Konten : google.com

Please like, follow, comment & share our social media account on :

fb : @gameinc_qube | ig : @gameinc_qube | twitter : @gameinc_qube