Liburan Awal Tahun di Pesisir Barat Lampung

Akhirnya wacana yang didiskusikan bersama teman-teman satu tongkrongan diakhir tahun kemarin tereksekusikan diawal tahun ini. Kami memilih untuk kembali ke tempat wisata pantai yang pernah kami kunjungi beberapa tahun lalu. Ya, Pantai Krui dan Pantai Tanjung Setia menjadi pilihan kami. Pantai yang merupakan salah satu spot wisata favorit bagi para wisatawan khususnya kalangan surfer mancanegara. Tempat yang sejuk dan damai yang menyajikan keindahan alam luar biasa dengan pasir putih dan ombaknya yang gemulai. Lokasi wisata pantai ini berada di Pesisir Barat Lampung.

Kami menempuh perjalanan kurang lebih 11 jam dari kota Palembang. Sebenarnya agenda perjalanan liburan kami ini hanya kami rampungkan untuk ber-5, mengingat keadaan kendaraan yang kurang memadai, mobil yang kami bawa tidak berdaya tampung muatan besar, hanya cukup untuk 5 orang dan beberapa barang kebutuhan. Namun dihari ketika kami mau berangkat, ada 2 teman yang ingin ikut dan ngotot akan menempuh perjalanan dengan mengendarai motor, akhirnya kami sepakat untuk beriringan dan berganti-gantian kendaraan jika ada yang lelah selama perjalanan yang kami tempuh.

Singkatnya, akhirnya kami tiba di Pantai Krui. Begitu tiba kami langsung berenang di pantai untuk penyegaran karena cukup lelah di perjalanan yang jauh. Setelah selesai kami langsung mendirikan tenda untuk bermalam. Kami memang merencanakan perjalanan kami dengan mandiri agar lebih seru, asik dan keakraban yang lebih. Tanpa hotel, penginapan yang mahal, bahkan losmen sekali pun. Hanya cukup dengan 2 tenda dome dengan muatan total 8 orang untuk kami beristirahat.

Sejujurnya Pantai Krui tidak seindah dulu ketika pertama kali kami liburan disana, mungkin karena sudah terlalu banyak terjamah wisatawan dan ditambah pasangnya air laut yang menutupi pasir pantai sehingga pantai tak terlalu luas lagi untuk dinikmati.

Lalu dihari berikutnya, kami memilih untuk pindah lokasi ke Tanjung Setia, cukup dengan waktu tempuh setengah jam perjalanan dari Krui. Begitu tiba kami menemukan spot yang cukup jauh dari jalan raya, namun luar biasa indah disalah satu perkebunan kelapa milik seorang Bapak yang baik hati disana, dan juga dijaga oleh seorang Bapak tua dan keluarganya yang baik hati pula. Tempat yang luas dengan banyak pohon kelapa, dan langsung disajikan pemandangan indah lepas pantai nan luas dan pasir pantai yang bersih. Lebih menyenangkan lagi karena disana hanya kami dan tak ada seorang pun yang berwisata, kami merasa seperti di rumah sendiri. Kami memutuskan untuk disana selama 2 hari 2 malam. Bergitar, bersenda gurau, tertawa-tawa, bercerita dengan si Bapak penjaga kebun, bermain bola, api unggun, dan pastinya berenang dan bermain ombak di pinggir pantai.

Tempat yang luar biasa indah dan suasana yang tak terlupakan. Tanjung Setia cocok sekali untuk destinasi perjalanan dalam list kalian jika kalian ingin menikmati liburan bersama teman-teman dengan suasana keakraban yang kental. Namun yang perlu diingat adalah jangan pernah sesekali kalian kotori dan marilah jaga kebersihannya. Karena menjaga alam beserta keindahannya adalah tugas dari masing-masing kita yang diberi tempat hidup oleh Sang Pencipta dimana pun kita berada.