LupakanCita-citaJadiPNS,SaatnyaMenjajal4PekerjaanIni

October 24, 2018Qubicle
Jangan berlarut-larut menyesali kegagalan seleksi PNS, banyak lahan pekerjaan lain yang siap digarap

Stigma menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan bentuk tolak ukur sebuah kesuksesan bagi pribadi seseorang mungkin masih melekat dari zaman orangtua kita sampai sekarang. Entah mengapa, hanya di Indonesia yang mempunyai pemikiran bahwa memiliki pekerjaan yang mempunyai runutan bagian dari pemerintah bisa disebut sukses. Setelah kami coba amati, beberapa faktor menjadi alasannya. Iming-iming tunjangan bagi pekerja, tunjangan hari tua hingga tunjangan pendidikan untuk anak adalah sederet alasan mengapa banyak orang berpikiran bahwa menjadi PNS berarti sudah aman sentosa di dunia. Tapi, apakah iya hanya ada satu cara untuk hidup aman sentosa yaitu menjadi PNS yang proses seleksinya bisa dibilang untung-untungan dengan peminatnya yang berjubel?

Kami mencoba merangkum beberapa pekerjaan di perusahaan swasta yang nggak kalah besar dari segi gaji maupun tunjangan. Di bidang swasta sendiri, masing-masing perusahaan swasta memiliki cara tersendiri untuk memanjakan karyawan mereka.

Berikut adalah beberapa bidang pekerjaan yang bisa kamu geluti walaupun kamu nggak jadi PNS.

Estimasi gaji pekerjaan di bawah ini berdasarkan cerita pengalaman teman-teman kami yang menggeluti pekerjaan di bidang terkait dengan acuan 'harga' Ibukota.

Art Director

Banyak cara untuk mendulang gaji yang mencukupi di bidang kreatif salah satunya menjadi Art Director. Bidang pekerjaan yang satu ini berhubungan dengan artistik, visual dan non verbal. Art Director umumnya berasal dari lulusan Desain Komunikasi Visual. Buat kamu yang menyukai atau sedang mendalami seni visual, menjadi Art Director adalah pilihan tepat. Untuk seorang junior Art Director di Jakarta pendapatannya berkisar antara Rp 6-8 juta. Kalau kamu sudah menjadi senior Art Director gaji kamu bisa melampaui angka Rp 10juta ke atas.

Fotografer Lepas

Bisa dibilang pekerjaan yang satu ini nggak terlalu dianggap di masa lalu. Tapi, sekarang kamu bisa bilang ke calon mertua kamu kalau pekerjaan ini bisa menghidupi kamu dan anak dan cucunya nanti. Punya pekerjaan yang mempunyai relevansi dari hobi emang paling menyenangkan, apalagi kerja lepas dan nggak terikat. Kamu bisa ambil job sana sini tanpa harus kena penalti. Harga fotografer lepas di Jakarta pun nggak main-main, berkisar antara Rp 4-7juta per-event, bahkan ada yang dibayar per frame foto. Bisa dibayangkan betapa makmurnya para fotografer lepas zaman sekarang?

Copywriter

Bergelut dengan kata-kata memang terkesan mudah. Tapi, jangan salah, pada kenyataannya ternyata hal tersebut bukan hal yang gampang, lho. Bahkan dibutuhkan pekerjaan khusus untuk mengerjakan hal tersebut. Copywriter adalah sebutan untuk seseorang yang mengerjakan sesuatu yang berhubungan tagline, company profile, hingga annual report sebuah perusahaan. Pekerjaan yang menutut kamu untuk mengolah kata-kata menjadi sebuah kalimat yang menarik dan persuasif ini memiliki kisaran gaji antara Rp 5-7juta.

UI/UX Desainer

Meskipun masih awam di telinga masyarakat Indonesia, tapi pekerjaan yang satu ini cukup menjanjikan. Mempunyai bagian pekerjaan yang bertanggung jawab atas tampilan website perusahaan, UI/UX Desainer dituntut untuk selalu bergelut dengan coding sebuah website. Dewasa ini, pekerjaan sebagai UI/UX Desainer sedang dicari banyak perusahaan besar, khususnya e-commerce. Terang aja, sebuah e-commerce membutuhkan tampilan yang menarik agar para user betah berlama-lama berbelanja dengan dimanjakan visual yang menarik. Gaji sebagai UI/UX Desainer berkisar antara Rp 6-13juta.


Image: Wartapati.com


Oleh: Habsi Mahardicha

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US