Mengapa 9 Maret Diperingati Sebagai Hari Musik Nasional ?

Jika dilihat dari tanggalan yang beredar, tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Ya, meskipun di kalender cetak di meja, atau dinding rumah, kantor, atau bahkan kelas kalian itu tidak tercatat. Nah, tapi sebanyak apa sih orang tahu tentang tanggal 9 Maret ini? Menurut penelusuran bacaan, dan artikel online lain yang saya baca, tanggal ini diperingati sebagai Hari Musik Nasional, karena bertepatan dengan hari lahirnya maestro musik Indonesia Wage Rudolf Supratman a.k.a W.R Supratman. Dan tanggal ini disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2013.

Nah, kalian tahu kan kalau musik di Indonesia itu sangat beragam, dari musik tradisionalnya sampai musik modern. Jadi sayang saja jika kita tidak kenal, atau tidak cinta dengan musik-musik Indonesia. Karena dalam perkembangannya, musik Indonesia makin variatif. Dan keunikan-keunikannya pun dapat dilihat, didengar dan dirasakan dari masing-masing musisi. Saya dan kawan-kawan Soundquarium sempat bertemu dengan beberapa musisi dan menanyakan perihal keunikan musik di Indonesia. Ada yang menjawab dari sudut pandang keragaman musik Indonesia, adapula yang membahas dari sisi keunikan bahasa yang dipakai dalam lirik musik mereka.

“Karena Indonesia terdiri dari beberapa pulau, jadi di masing-masing pulau punya ciri khasnya sendiri. Contohnya saja dari jenis gendang, seperti dari Sumatera, Jawa, itu beda sekali dengan bunyi-bunyi gendang yang ada di Indonesia Timur” begitu menurut John Navid saat kami bertemu dan ngobrol soal keunikan musik Indonesia. Berbeda lagi dengan Cholil Mahmud yang kami temui disela-sela manggung marathonnya bersama Efek Rumah Kaca, “Keunikan dari musik Indonesia menurut gue sih bisa dilihat dari bahasanya ya, dengan bahasa sendiri ya, bahasa Indonesia. Dan mungkin didalamnya nanti akan ada bahasa-bahasa daerah, itu yang membuat musik kita ngga mungkin sama. Suara yang ditimbulkan dari bahasa Indonesia punya ciri sendiri yang ngga didapet dari bahasa asing”.

Itu dia pendapat dari dua musisi yang kami sempat temui. Musik Indonesia sangat beragam, tidak ada salahnya kita menggali lagi harta karun musik-musik Indonesia yang tersebar dari berbagai pulau disini. Kalau bukan kita yang suka musik Indonesia, siapa lagi?

Selamat Hari Musik Nasional.