MENGENAL KUCING MAINE COON

Hai, Cat Lovers!

Apa yang terlintas pertama kali di benak kamu bila mendengar “kucing Maine Coon (Indonesia: Mainkun)?” 

Yang paling sering orang sebut adalah Maine Coon itu kucing rumahan yang badannya raksasa. Namun ada hal lain yang mungkin kamu perlu ketahui selain betapa besar tubuh kucing Maine Coon itu. Inilah beberapa fakta menarik tentang kucing Maine Coon yang menjadi jenis kucing paling populer di Amerika Serikat bahkan di seluruh dunia.


01. Kucing Maine Coon adalah kucing resmi negara bagian Maine, Amerika Serikat

  https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/db/Maine_Coon_2.JPG  

Kucing Maine Coon dianggap sebagai hewan asli dari negara bagian Maine yang terletak di bagian paling timur laut Amerika Serikat. Para penggemar kucing Maine Coon percaya bahwa jenis kucing ini adalah hasil persilangan antara kucing berbulu panjang yang dibawa oleh pelaut-pelaut dari New England dengan kucing-kucing lokal berbulu pendek.


02. Kucing Maine Coon berbulu tebal

  https://pixabay.com/en/cat-maine-coon-winter-snow-cold-75063/  

Menjadi salah satu hewan khas dari negara bagian Maine, memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di udara musim dingin yang tidak bersahabat di wilayah New England menjadi syarat utama. Kucing Maine Coon memiliki bulu yang panjang dan tebal dan semakin menebal di bagian leher dan perut. Ini membantu melindungi mereka dari salju dan membuat suhu tubuh tetap hangat.

  https://pixabay.com/en/cat-maine-coon-look-domestic-cat-1391852/  

Telinganya memiliki rumbai-rumbai bulu yang unik; serta kaki mereka yang besar dan tebal seperti sepatu salju.


03. Kucing Maine Coon bertubuh besar

  https://pixabay.com/en/maine-coon-cat-man-pet-1027273/  

Ya tentu saja banyak orang yang sudah tahu bahwa kucing Maine Coon adalah kucing peliharaan terbesar (tubuhnya) dari seluruh kucing peliharaan yang ada di dunia ini. Secara umum kucing Maine Coon jantan dapat mencapai bobot 6.8-11.34 kilogram. Ada seekor kucing Maine Coon yang tercatat dalam buku rekor.

  https://www.guinnessworldrecords.com/Images/Stewie%20-%20Longest%20Cat_tcm25-13292.jpg  

Kucing tersebut memegang rekor sebagai kucing terpanjang di dunia, yakni Stewie yang mencatatkan rekor panjang tubuh 123.2 cm.


04. Kucing Maine Coon memiliki jari lebih banyak

  https://www.pawprintpetblog.com/wp-content/uploads/2014/07/Abby_Dabby_Doo.jpg  

Polydactylism atau kelebihan jari muncul di awal generasi kucing jenis ini. Sekitar 40% dari kucing Maine Coon di wilayah negara bagian Maine ini memiliki jumlah jari lebih banyak daripada jari kucing pada umumnya. Kucing-kucing jenis ini terlahir dengan 6 jari kaki dan beberapa orang menyebutkan bahwa itu membantu mereka untuk berjalan di salju. Namun jumlah kucing yang memiliki 6 jari ini dikemudian generasi berikutnya mulai menurun jumlahnya, ada kemungkinan karena evolusi dan genetika.

05. Kucing Maine Coon menyukai air dan menikmati bermain di dan dengan air

  https://pixabay.com/en/photos/kolam%20kucing/  

Bulunya yang tebal tersebut ternyata juga tahan air, sehingga Maine Coon tak terganggu dengan air atau bahkan bermain dengan air sekalipun. Banyak pemilik kucing jenis ini yang mengamati bahwa memang kucing mereka sangat menyukai air dan hal tersebut membuat sang pemilik senang.


06. Kucing Maine Coon dikenal sebagai pemburu

  https://pixabay.com/en/photos/vigilant/  

Meskipun Maine Coon sudah tidak perlu berburu lagi, mereka masih memiliki naluri alamiahnya seperti keingintahuan yang besar dan naluri untuk mengejar dan menangkap mangsa. Ini sangat penting bagi para pemilik kucing Maine Coon agar selalu dapat melatih kemampuan kucingnya tersebut dengan aneka mainan atau bermain tangkap bola dengan sang kucing. Mereka menyukai permainan dan bermain.


07. Kucing Maine Coon disebut-sebut sebagai “anjingnya dunia kucing.”

  https://pixabay.com/en/photos/hairy%20cats/  

Bukan dikarenakan ukuran tubuhnya yang besar, namun karena karakter sang kucing itu sendiri. Kucing ini dikenal sangat loyal pada pemiliknya dan sedikit berwaspada dengan orang asing. Mirip sekali dengan sifat anjing, bukan? Kucing Maine Coon sangat menyenangkan, suka melucu dan bertingkah konyol.



Sumber:

https://mainecoon.org/fun-facts-maine-coon-cats/

https://mentalfloss.com/article/76734/12-huge-facts-about-maine-coons

Social Media:

Instagram: @petology.id | Facebook Page: @petology.id