MERCHIN: Collaboration is The Key!


Sirkel Space sering dikenal sebagai ruang berkarya dan berpameran untuk berbagai komunitas dan kolektif dengan berbagai spesialisasi. Kali ini giliran Forkicks, kolektif yang biasa menghadirkan acara musik ini ditantang untuk menyuguhkan sesuatu yang baru di Sirkel.

Masih seputar musik dan band lokal, kali ini Forkicks mengusung format acara baru yang mengkolaborasikan 9 band lokal dengan beberapa visual artist. Merchin, sebuah pameran band merchandising. Para visual artist mulanya ditantang untuk membuat karya sesuai dengan design brief band untuk kemudian diwujudkan dalam bentuk band merchandise. Beberapa merchandise yang ditawarkan berupa T-shirt dan tote bag. Dari sekian banyak karya yang masuk, kemudian terpilihlah 17 karya dari 17 orang visual artist.

Ketujuhbelas visual artist tersebut adalah Arga Mahardika, Andy Sueb, Azhar Fathurrohman, Christian Bagas, Aula Fikril, Tutus Adi, Anis Sasongko, Iyung, Khoirurrizqa, Galih P, Rifky Nugraha, Bobomagz, Anas Niam, Kevin Echizha, Reenaldi Satria, Isa Pradana, dan Parama Prenjana.

Acara ini berlangsung pada tanggal 5-7 Oktober 2017 kemarin. Selain pameran ada pula beberapa rangkaian acara lain, yaitu spinning session oleh Ichsan dari band Good Morning Everyone, sharing session tentang Music Design & Merchandising dengan M. Fatchurofi, karaoke bersama, artist talk, serta music performance oleh duo DJ Britboys.

Meski belum berhasil menjual habis produk merchandise, tetapi panitia penyelenggara dan animo masyarakat dalam mengapresiasi karya dan acara ini cukup patut diacungi jempol. Di sisi lain, acara ini dapat menyadarkan band-band lokal bahwa merchandise merupakan salah satu jalan untuk monetizing band selain dari tampil dan rilisan musiknya.

Usai acara, produk-produk merchandise dari Absurdnation, Britboys, Figura Renata, Good Morning Everyone, Legit!, Octopuz, Olly Oxen, Sugar Bitter, dan Weekenders Agogo ini bisa pula didapatkan via online. Tertarik membelinya? Langsung kontak Forkicks melalui DM Instagramnya @forkicks.ent