Mini Dragster – Hanya 180 Unit di Dunia, Harganya Gila

Pernah dengar kalimat ‘big boys toys’? Nah, Mickey Thompson Mini Dragster ini mungkin cocok menjadi wujud dari kalimat tersebut. Meskipun berukuran kecil, ‘mobil balap’ ini dirancang untuk orang dewasa.

Mickey Thompson sendiri adalah seorang pebalap legendaris asal Amerika. Ia mulai dikenal sejak menjadi orang Amerika pertama yang berhasil memecahkan rekor kecepatan 400 mph di Bonneville, Salt Lake pada tahun 1960. Saat itu, ia berhasil menembus kecepatan 406.6 mph (setara 654 km/ jam), mengalahkan rekor dunia 402 mph (setara 646 km/jam) yang sebelumnya dipegang oleh John Cobb. Seiring berjalannya waktu, Mickey Thompson semakin sering menggeluti berbagai ajang balap, termasuk drag race.

 

Di akhir tahun 1960an dan awal 1970an, Mickey Thompson mendesain Mini Dragster mengikuti mobil balap drag race versi asli dengan ukuran lebih kecil, namun tanpa mengurangi berbagai komponen yang ada. Sebut saja roll hoop di belakang kepala pengemudi, jok bucket yang dapat ‘memeluk’ pengemudi dengan sempurna, dua pedal (gas dan rem) untuk akselerasi dan deselerasi, setir model kupu-kupu yang umum ditemui di mobil dragster, dan sepasang roda stabilizer kecil di bagian belakang mobil untuk menjaga stabilitas saat mobil dipacu hingga roda depan terangkat. Ya, roda depan mobil ini juga bisa terangkat layaknya mobil drag versi asli.

Mini Dragster sendiri dibangun menggunakan rangka tubular, tanpa suspensi depan dan belakang serta dibekali mesin Tecumseh satu silinder bertenaga 3 hp yang di klaim bisa digeber hingga kecepatan 32 km/ jam. Meski demikian, dengan posisi duduk beberapa centimeter dari aspal dan saat digeber ban depan bisa terangkat, kecepatan yang ‘hanya’ 32 km/jam tadi bisa terasa kencang.

Istimewanya lagi, Mini Dragster ini hanya diproduksi sebanyak 180 unit saja dan konon hanya sedikit yang masih ‘terselamatkan’ dalam kondisi utuh. Tak heran jika unitnya kini jadi buruan para kolektor di seluruh dunia. Mau tahu harganya? Mini Dragster yang kamu lihat dalam foto ini ditawarkan di balai lelang RM Sotheby's dengan harga antara US$ 20.000 – US$30.000 atau setara dengan Rp 267 juta – Rp 400 juta! Mahal? Relatif. Satu hal yang pasti adalah Mickey Thompson Mini Dragster ini keren sekali.

Sumber: RM Sotheby’s