MovieTrivia:BagaimanaFilmTerbaikdiFFI2016Ditentukan

November 05, 2016Qubicle Film and TV

Festival Film Indonesia 2016 (FFI 2016) segera akan mengumumkan pemenangnya. Sebelum mencapai malam pengumuman pada 6 November 2016 besok, tim panitia FFI 2016 menyusun rangkaian penjurian yang panjang untuk menentukan film mana yang dinominasikan dan kemudian dipilih untuk menang. Proses ini dilakukan agar integritas FFI 2016 terjaga dan film yang layaklah yang menang.

Bagaimanakah sebuah film terbaik ditentukan? Apa jalan yang mesti ditempuh oleh panitia FFI 2016? Dan, tentunya cara apa yang dipilih untuk menentukan film terbaik? Di bawah ini dijelaskan skema pemilihan film terbaik di Festival Film Indonesia 2016.

Poster resmi FFI 2016 karya Garin Nugroho (Foto: Instagram @pialacitra)

Langkah Pertama: Pendaftaran

Pendaftaran untuk film bioskop dibuka pada 1-15 September 2016. Sedangkan, pendaftaran film non-bioskop berdurasi lebih panjang dibuka pada 1-20 September 2016. Apa yang dimaksud dengan film non-bioskop adalah film pendek, film animasi, film dokumenter panjang, dan film dokumenter pendek.

Meski begitu tidak ada ketentuan yang mengikat mengenai jadwal tayang film yang didaftarkan di Festival Film Indonesia. Sehingga banyak sekali film yang bahkan belum tayang sampai akhir 2016 bisa mengikuti pendaftaran.

Langkah Kedua: Pemilihan Short List

Karena cara lama pemilihan nominasi yaitu juri menonton ratusan film yang didaftarkan tidak efektif, panitia Festival Film Indonesia 2016 mengajak para praktisi terkait nominasi diajak menyortir film-film yang layak. Jadi misalnya asosiasi yang berhubungan dengan penyuntingan akan merekomendasikan 15 film yang memiliki kans masuk nominasi.

Adapun asosiasi yang diajak ikut serta adalahAsosiasi Produser Indonesia (Aprofi), Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), Asosiasi Perusahaan Film Indonesia (APFI), Asosiasi Casting Indonesia (ACI), Indonesian Film Directors Club (IFDC), Indonesian Motion Picture Audio Association (IMPACT), Rumah Aktor Indonesia (RAI), Indonesian Film Editors (INAFEd), Sinematografer Indonesia (SI), Indonesian Production Designers (IPD), dan Penulis Indonesia untuk Layar Lebar (PILAR).

Proses penilaian film dilakukan dengan membagikan link streaming sehingga juri bisa menonton di mana pun, tinggal diberikan password untuk log in.

Langkah Ketiga: Pemilihan Nominasi

Setelah 15 film untuk masing-masing kategori sudah terpilih, giliran juri tahap dua yang menentukan nominasi. Di penjurian tahap kedua ini masing-masing juri yang terlibat akan mendapatkan kiriman info berisi panduan untuk menonton 15 film terbaik per kategori secara streaming, beserta username dan password untuk dapat menonton.

Di beberapa kategori khusus, bukan hanya film yang dikirimkan, tapi juga pendukungnya, misalnya untuk penjurian kostum, para calon terpilih harus menyertakan sketsa desain kostum, jadi setiap juri bisa melihat bagaimana hasil jadinya dengan apa yang dibayangkan.

Di paket tersebut juga akan diberikan panduan untuk menggunakan aplikasi voting untuk memilih lima film yang masuk ke daftar FFI 2016. Hasil voting nantinya akan dikirim ke akuntan publik yang ditunjuk Panitia FFI untuk diverifikasi. Akuntan publik yang dipilih oleh FFI 2016 adalah Deloitte.

Langkah Keempat: Pengumuman Nominasi

Nominasi dari setiap kategori diumumkan pada Jumat, 14 Oktober 2016.

Pengumuman nominasi FFI 2016

Langkah Kelima: Penentuan Pemenang

Seluruh anggota juri tahap dua otomatis menjadi juri tahap tiga. Ditambah dengan Dewan Juri dan FFI Lifetime Member, kesemuanya memilih pemenang untuk masing-masing kategori. Para anggota dewan juri kembali menonton lima film yang masuk nominasi dan kembali melakukan voting untuk memilih film terbaik.

Dewan juri terdiri dari kritikus/pengamat, wartawan, akademisi/pengajar film, budayawan, bintang film yang pernah mendapat Piala Citra atau minimal pernah bermain dalam lima film sebagai pemeran utama.

Sedangkan pemegang FFI Lifetime Member adalah para nomine dan juara dalam penyelenggaraan FFI dua tahun terakhir. Sistem ini diperkenalkan sejak FFI 2015.

Daftar juri bisa dilihat di pialacitra.com

Langkah Keenam: Pengumuman Pemenang

Malam penganugerahan diadakan pada 6 November 2016 di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki.

Oleh: Ivan Pratama


Social Media :

Facebook : slate id | Twitter : @slate_id | Instagram : @slate_id | YouTube : slate_id

Like what you read? Give Qubicle Film and TV your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Film and TV

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US