IMSAK

WIB

WITA

WIT

MAGHRIB

WIB

WITA

WIT

IMSAK

WIB

WITA

WIT

MAGHRIB

WIB

WITA

WIT

Nada-Nada April 2018

Oleh: Felix Dass

Ada banyak musik menarik yang bisa ditemui. Tapi tidak begitu dengan rilisan di awal bulan. Mungkin, orang pada menahan materi supaya bisa dirilis pada Records Store Day 2018 yang akan datang di penghujung bulan. Pasar akan padat dan menuntut kita sebagai konsumen untuk pintar-pinta membelanjakan uang yang tidak banyak itu.

Musik-musik menarik yang bisa didengarka untuk kemudian dicari tahu lebih lanjut bulan ini berisi banyak karya indiepop. Entah kenapa ketika memilih, arahan selera lari ke sana. Bisa jadi juga, ini untuk menuntun supaya pencarian selalu diperluas dari waktu ke waktu. Selamat mendengarkan. Selamat mencari tahu lebih dalam. Selamat cari uang untuk beli rekaman juga di akhir bulan. (*)

01. Talamariam – Gigir

“Siapakah kau? Adakah kau berdiri dalam barikade? Ataukah kau hanya seorang yang gusar di seberang jalan?”

02. SRXBS – Frozen Scratch Cerulean

Perjodohan Stars and Rabbit dan Bottlesmoker mengembara jauh menemui kemungkinan yang lebih dalam ketimbang sekedar kolaborasi yang berumur pendek. Mereka mulai berkarya bersama dan kabarnya akan segera merilis hasilnya. Ini contohnya, lagu instrumental milik Bottlesmoker direka ulang dan jadi sebuah komposisi baru yang super manis.

03. Cleve – Jeda

Jakarta selalu merekam keberadaan Andi Sabaruddin. Cleve adalah penyambung pernyataan itu. Ini proyek terbarunya yang juga melibatkan banyak muka lama di dalamnya. Sekali dengar lagu Jeda, sudah jelas terasa kocokan gitarnya yang emosional.

04. Sugarsting – Chasing Pony

Orang-orang yang sudah punya reputasi ngobrol dan membentuk band. Layak untuk disimak lebih lanjut. Di Youtube ada live shownya. Di atas sini, ada satu demo yang sangat menjanjikan.

05. Tika & the Dissidents – Unlearn the Fight

Album solo ketiga Tika (bersama the Dissidents) dirilis tahun 2016. Judulnya Merah. Kendati nyaris tidak bergaung, lagu ini selalu ada dan meminta untuk terus menerus diputar. Jangan kaget kalau menemukan siapa saja yang bermain di lagu ini. Balada ini panjang, delapan menit durasinya.

06. Black Finit – Easy and Slow

Black Finit adalah nama lama yang baru kembali lagi ke gelanggang. Berasal dari Jogjakarta. Entah apa yang menyebabkannya menghilang begitu lama. Ini sekedar nostalgia sembari menanti karya baru yang sedang dimasak di bawah asuhan kawan-kawan baik di Doggyhouse Records.

07. The Stocker – Menunggu Mati

Band rock yang underrated tapi punya nyali besar untuk memperkenalkan musik mereka kemana-mana. Rock tiga jurus yang dahsyat.

08. Vira Talisa – Janji Wibawa

Karya lanjutan Vira Talisa setelah ep debutnya yang jadi banyak omongan itu. Setelah mendengarkan Janji Wibawa, ada baiknya kita semua menggantungkan harapan pada karya penuh selanjutnya yang layak ditunggu.

09. Humsikk – Rainbow

Selamat kenalan dengan Humsikk. Rainbow adalah single yang diambil dari album yang sedang dikerjakan prosesnya. Memang belum bisa mendengarkan banyak, tapi syukuri saja apa yang ada sambil pelan-pelan menunggu.

10. Kaveh Kanes – This Is Pure

Single Kaveh Kanes ini masuk di kompilasi Strawberry Punks yang dirilis oleh Dismantled, sebuah label asal Jakarta. Silakan dicek rilisan-rilisan mereka yang lain. Niscaya bahagia.