Nggak Basi di Bulan Maret: Pernikahan Samuel Beckett dan Suzanne Dechevaux-Dumesnil

Samuel Beckett (13 April 1906 – 22 Desember 1989) adalah peraih Nobel Sastra tahun 1969. Karyanya yang paling tenar adalah Waiting for Godot (Menunggu Godot), yang dianggap menghadirkan metode dan teori baru dalam pertunjukan teater.

Di luar dunia sastra dan teater, Beckett juga memiliki kehidupan pribadi yang menarik. Saat tinggal di Paris, pada 1938 Beckett pernah ditusuk dadanya oleh seorang preman yang memalaknya. Kejadian itu menjadi berita utama di koran-koran Prancis. Namun Beckett mencabut laporannya, karena saat di awal persidangan kasus itu dia melihat pelaku penusukannya orang yang jujur dan sopan.

culturenorthernireland.org

Karena peristiwa penusukan itu pula Beckett semakin dekat dengan jodohnya, Suzanne Dechevaux-Dumesnil—partnernya bermain tenis. Selama Beckett dirawat di rumah sakit, rutin Suzanne menjenguknya. Dan sejak saat itu keduanya menjadi sepasang kekasih.

Suzanne Dechevaux-Dumesnil - famousfix.com

Saat Nazi Jerman menginvasi Prancis, Beckett yang kelahiran Dublin, Irlandia, bergabung dengan pasukan perlawanan Perancis. Tugasnya sebagian besar menjadi kurir pembawa pesan. Ketika suatu hari unit pasukannya menyerah kepada Nazi, Beckett dan Suzanne melarikan diri ke Prancis selatan: mereka hanya berjalan pada malam hari dan tidur di gudang-gudang pada siang hari.

Di masa setelah perang, Beckett menjalin hubungan rahasia dengan seorang editor naskah, Barbara Bray. Affair antara Beckett dan Bray menjadi rahasia umum di Paris. Sampai akhirnya Barbara Bray memutuskan pindah rumah ke Paris demi semakin dekat dengan Beckett. Tetapi di saat itu pula—ketika hubungannya dengan Bray semakin memuncak—Beckett malah memutuskan menikahi Suzanne, pada 25 Maret 1961. Dan tampaknya Suzanne tahu pula hubungan Beckett dan Bray.

Cinta segitiga antara Suzanne-Beckett-Bray berlangsung sepanjang hidup mereka. Suzanne wafat pada 17 Juli 1989, lalu Beckett menyusul pada 22 Desember 1989, sementara Bray wafat pada 25 Februari 2010.

(Zaky Yamani, disarikan dari independent.ie dan en.wikipedia.org)


➢ Facebook: @sorasocaid | instagram: @sorasoca | twitter: @sorasoca