Nggak Basi di Bulan Maret: Rilis Album The Dark Side of the Moon

Album kedelapan dari band legendaris Pink Floyd, The Dark Side of the Moon, diluncurkan pada 1 Maret 1973, di bawah label Harvest Record. Album itu mengeksplorasi tema-tema konflik, keserakahan, lorong waktu, dan sakit mental yang terinspirasi  pendiri band itu, Syd Barrett. Ironisnya, Syd Barret justru tidak ikut di dalam pembuatan album itu, karena terjerat masalah kejiwaan.

PinkFloyd.com

The Dark Side of the Moon direkam di Abbey Road antara tahun 1972 dan 1973. Album ini dianggap fenomenal karena mengeksplorasi banyak teknik dan peralatan yang saat itu dianggap baru, misalnya dengan perekaman multitrack dan tape loops.

Penggunaan alat musik synthesizer juga dominan di beberapa track, dan munculnya kutipan-kutipan dari rekaman wawanacara dengan kru Pink Floyd dan beberapa kutipan filosofis.

Sampul albumnya pun sangat ikonik, menggambarkan spektrum prisma pada latar hitam, yang dibuat Storm Thorgerson, atas permintaan pemain keyboard Pink Floyd, Richard Wright, agar sampul itu sederhana dan tegas.

©bertys30/depositphotos.com

Album The Dark Side of the Moon berada di tangga lagu Billboard selama 741 pekan dari 1973 sampai 1988, dengan penjualan mencapai 45 juta kopi di seluruh dunia. Angka penjualan itu menjadi salah satu angka penjualan album tertinggi sepanjang sejarah. 

(Zaky Yamani, disarikan dari en.wikipedia.org)


➢ Facebook: @sorasocaid | instagram: @sorasoca | twitter: @sorasoca