NongkrongBarengArianaGrandedanZaynMalikdiZepeto

December 07, 2018Qubicle
Ikut-ikutan buat avatar di Zepeto memungkinkan kami "nongkrong" bareng Ariana Grande dan artis-artis lainnya di front desk kantor.

Beberapa pekan terakhir, sebuah aplikasi bernama Zepeto sedang gencar-gencarnya diunduh dan digunakan oleh banyak orang. Aplikasi tersebut memberikan para penggunanya kesempatan untuk membuat avatar diri mereka masing-masing lewat figur tiga dimensi.

Karena Zepeto dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan, Snow Corporation dan Naver Corp, figur tiga dimensi yang dihasilkan dari aplikasi tersebut memang bisa dibilang “sangat Korea”; bagaimanapun tampilan Anda dalam kehidupan nyata, representasi avatar tiga dimensi pengguna Zepeto pasti terlihat imut. Belum lagi  melihat gestur-gestur serta pose-pose foto yang bisa dilakukan oleh para avatar, rasanya sangat tidak mengherankan mengetahui bahwa aplikasi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan asal Korea Selatan.

Membuat representasi diri lewat avatar memang suatu hal yang menyenangkan dan memaksa kita menjadi fokus, kami sendiri jadi sibuk sendiri kektika membuat avatar diri kami masing-masing. Psychology Today menjelaskan bahwa pada kecenderungannya orang-orang yang membuat avatar akan mencoba membuat representasi diri mereka seakurat mungkin. Kami rasa hal ini ada benarnya, karena hal itu yang kami coba pastikan ketika membuat avatar kami masing-masing.

Pada awal pembuatan avatar, Anda akan diminta melakukan selfie dan hasilnya nanti akan dijadikan acuan oleh Zepeto untuk dijadikan rancangan dasar avatar Anda. Ketika mencoba langsung fitur ini, kami agak kaget bahwa hasilnya cukup mirip—walau sedikit terlalu imut.

Setelah membuat akun Zepeto, Anda akan diminta melakukan selfie yang hasilnya akan dijadikan acuan avatar Anda. (Foto: Dok. Qubicle)

Setelah Zepeto membuat cetak biru dari avatar Anda, Anda diberikan kebebasan untuk kembali mengubah fitur wajah. Di awal permainan Anda akan diberikan sekitar 2000 koin—ditambah 1000 koin sebagai bonus—yang bisa dibelanjakan untuk pakaian, gestur, serta perabotan yang mengelilingi avatar Anda. Ada juga fitur message yang memungkinkan Anda untuk bertukar direct message dengan avatar yang Anda follow.

Lewat Zepeto, Anda bisa mengambil selfie dan video bersama teman-teman yang juga membuat avatar di aplikasi tersebut. Anda juga bisa mengambil selfie maupun video bersama avatar para artis dan selebriti yang Anda follow. Bermain Zepeto memberikan kami kesempatan untuk selfie bersama Ariana Grande serta “nongkrong “ bareng Zayn Malik dan Troye Sivan di front desk kantor.

"Nongkrong" bareng Ariana Grande di front desk kantor kami. (Foto" Dok. Qubicle)
Berpose bersama Zayn Malik dan Troye Sivan yang bergabung dengan geng bentukan kami di Zepeto. (Foto: Dok. Qubicle)

Beberapa saat lalu, aplikasi Zepeto sempat dikatakan mengalami eror sehingga bergerak lambat, tetapi tampkanya masalah ini sudah diatasi oleh pihak pengembang aplikasi. Zepeto juga sempat kehilangan beberapa penggunanya karena ada rumor yang mengatakan bahwa aplikasi tersebut melacak keberadaan penggunanya, padahal Zepeto tidak pernah meminta akses lokasi pengguna pada saat di-install.


Oleh: Adam Bagaskara

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find our suitable alternative topics here

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US