ParaSenimanTipografiLokalyangMestiKamuTengokKaryanya

October 30, 2018Qubicle Art
Seniman-seniman lokal ini fokus dalam karya berbentuk tipografi. Tengok dan apresiasi karya mereka yuk!

Siapa yang pernah mendapat nilai di atas 8 untuk mata pelajaran menulis indah? Mungkin sebenarnya kamu punya potensi untuk menggeluti seni yang satu ini: tipografi. Ya, seni tipografi sudah mulai rajin digeluti para senimannya yang tidak lelah untuk mengeksplorasi bentuk huruf.

Seni ini dipercaya menyebar luas di Eropa pada puncaknya di abad 8 SM. Sudah tidak bisa dibandingkan proses tradisionalnya dengan prosesnya yang sekarang. Jelas, bantuan digital saat ini sangat membantu seniman tipografi belajar dan berkarya. Dan hasil yang mereka ciptakan? Tulisan indah yang tidak semua orang bisa menciptakan, namun jelas, jika tertarik, kita bisa belajar.

Cara mana lagi yang lebih mudah daripada mengambil inspirasi dari para seniman tipografinya langsung? Yuk, tengok karya-karya seniman tipografi lokal yang sudah banyak berkarya ini:

Jamal M. Aziz (@lapantigatiga)  

Terkenal dengan tipografi muralnya, mungkin kamu tidak sadar pernah menjumpai atau bahkan berfoto dengan karyanya di cafe-cafe aesthetic. Ya, memang ia tidak pernah berhenti bereksplorasi bentuk dalam hasil akhir karyanya. Namun, siapapun yang mengikuti akun Instagram-nya dapat langsung melihat kehebatan Jamal dalam merangkai huruf-huruf cantik serta kombinasinya dengan ilustrasi lainnya. Di Instagram-nya juga, Jamal banyak memberikan tips serta membeberkan proses pengerjaan karyanya, lho!  

Riki Harimulya (@mulyahari)  

Membuka laman Instagram Riki, kita disajikan dengan tampilan feed yang didominasi dengan tipografi hitam putih buatannya. Dengan berbagai gaya serta mood, Riki berhasil konsisten dengan percampuran warna hitam putih di karya tipografinya. Yang mengejutkan lagi, Riki tidak hanya berkarya dengan kata-kata alfabetikal yang umum kita kenal saja, namun ia juga bereksplorasi menggunakan alfabet-alfabet bahasa lain yang membuat kita ingin cari tau arti di balik hasil karya seniman tipografi yang satu ini.  

Abed Azarya (@abedazarya)

Tidak takut dengan percampuran warna serta bentuk, seniman tipografi Abed Azarya membuat tipografi yang--entah bagaimana caranya--memuaskan untuk dilihat. Di Oktober ini, bahkan Abed berkarya dengan tema Halloween! Percampuran bentuk ilustrasi simbol dari Halloween dikolaborasikannya dengan bentuk-bentuk huruf yang melambangkan hari perayaan yang menyenangkan tersebut. Membuat karya tipografi yang tematik juga ternyata sangat menyenangkan, ya.

Decky Sastra (@deckysastra)

Decky membawa karya tipografinya ke level selanjutnya. Sebagai seniman tipografi, ia menulis di bio-nya bahwa ia adalah seorang freelance desainer, hand lettering, sign-painter dan founder dari @rawtype_riot. Karya-karyanya kebanyakan ia asosiasikan dengan mood otomotif, terutama motor-motor besar yang maskulin. Ketertarikannya ini membawa Decky pada konsistensi gaya tulisan yang bisa kita cermati di akun Instagram-nya. Selain maskulin, bentuk gaya tipografi vintage juga dapat kita lihat sebagai salah satu influencer terbesar dari karya-karya Decky.

Dexa Muamar (@dekedex)

Kita boleh terpukau oleh karya-karya tipografi minimalis yang dihasilkan oleh Dexa. Tanpa berbasa-basi, ia menunjukkan penuh kemampuannya sebagai seorang seniman tipografi lokal yang sangat berbakat. Ia bahkan banyak membuat karya tipografi miniatur yang ia pamerkan di sebelah benda-benda kecil seperti uang koin sebagai perbandingan. Bayangkan saja harus menulis dan merancang huruf dengan indah di media yang sangat kecil. Kesabaran dan cara Dexa mengeksplorasi karyanya butuh apresiasi yang layak!


Foto Header: Instagram Jamal M. Aziz (@lapantigatiga)

Oleh: Risangdaru

Like what you read? Give Qubicle Art your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Art

    If you curious about visual art movement, here is the best place to feed your curiosity.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US