Peluncuran Album 'Salam Indonesia' dari Endank Soekamti

Endank Soekamti resmi merilis album paling baru mereka berjudul Salam Indonesia pada Kamis (9/11) di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta. Acara peluncuran album ini sekaligus menandai pameran fotografi Salam Indonesia yang berlangsung pada 9 – 15 November 2017, dan artist talk Salam Indonesia pada 12 – 13 November 2017.

Bukan Endank Soekamti namanya kalau tidak merilis kemasan fisik albumnya dalam edisi istimewa. Kali ini mereka merilis dalam dua tipe boxset. Tipe pertama, boxset premium Box Set Reguler yang mirip box set album-album sebelumnya berisi CD Album, DVD Film Behind The Songs, Buku Soekamti Goes To Papua karya Iwan Pribadi, t-shirt, dan sertifikat kepemilikan boxset.

Tipe kedua adalah Box Set Premium yang terbuat dari kayu jati Belanda, dengan isi seperti box set Reguler namun masih ditambah buku foto Di Balik Layar Endank Soekamti 8th Album karya Deka Pramana, dan souvenir berupa kacamata molo (selam) tradisional Papua.

Sebuah upaya untuk tetap melestarikan rilisan fisik kepada penggemar Endank Soekamti yang dikenal sangat militan dengan idolanya.

Acara rilis album Endank Soekamti ditandai dengan penayangan film Behind The Songs, berisi dokumentasi proses kreatif rekaman setiap lagu di album Salam Indonesia yang dilakukan secara outdoor recording di atas kapal pinisi sambil mengarungi lautan Papua, dari Raja Ampat sampai Teluk Cenderawasih. Sebuah konsep yang unik dari Endank Soekamti.

Dalam hari peluncuran album kemarin Endank Soekamti mengajak para hadirin mengikuti sejarah perkembangan band yang saat ini beranggotakan vokalis dan pemain bas Erix, gitaris Dory, dan pemain drum Toni, dari awal kelahirannya hingga saat ini. 

Sukses untuk album Salam Indonesia dari Endank Soekamti. 


Oleh: James / Foto: Dok.Endank Soekamti