PemenangKompetisiMotretPakeHapeSambilMudik

June 29, 2018Qubicle Travel
Menurut Arbain Rambey, dalam setiap lomba foto, sebuah foto yang menang pasti karena lebih bagus daripada saingannya. “Bagus” seperti apa?

Bulan Ramadan telah usai, begitupun dengan momen mudik. Saatnya Escapade dan Qubicle mengumumkan 5 pemenang Kompetisi Motret pake HP Sambil Mudik yang dipilih langsung oleh fotografer senior Indonesia, Arbain Rambey.

Menurut Arbain Rambey, dalam setiap lomba foto, sebuah foto yang menang pasti karena lebih bagus daripada saingannya. “Bagus” seperti apa? Hal inilah sangat sulit dijelaskan, umumnya sebuah foto bisa menang karena dalam setiap pengambilan foto ada pengamatan dan perhitungan komposisi yang teliti. Alasan lainnya, ada cerita yang bisa disampaikan dari setiap foto atau foto yang bercerita. Atau mungkin komposisinya sederhana tapi nyaman dilihat.

Oleh sebab itu, mari kita simak cerita mereka satu persatu:


@mumun96

Foto ini bercerita banyak sekali. Kita bisa melihat bangunan ibadah yang menjadi latar belakang yang bukan sebuah masjid, namun suasana setelah ibadah Sholat Ied sangat terasa, dengan seorang petugas kebersihan yang sedang menyapu bekas alas dari koran. Terlihat bahwa toleransi dan keberagaman serta suasana setelah beribadah yang sangat kental. Pemandangan yang sangat kita semua butuhkan akhir-akhir ini. Maka dari itu, pantaslah kalau foto ini terpilih menjadi salah satu pemenang.



@jellybagus

Postingan ini punya ‘keseimbangan’; dimana foto yang memberikan keindahan visual namun kemudian tulisannya yang membawa kita dalam pengalaman pribadi penulis sekaligus mengenang tragedi yang pernah terjadi di tempat bermain sang penulis dulu. Postingan ini memang jempolan.




@jaga_jarak01

Keindahan alam yang menyisipkan suasana aktual kondisi lalu lintas setelah libur lebaran. Sesaat kita terlena dengan indahnya mentari yang sedikit di atas garis horison, namun kemudian kita teralih kepada lalu lintas padat khas kota Jakarta, menandakan waktunya kembali kepada realitas sehari-hari.




@lioevielan

Dengan sudut pengambilan yang pas, bangunan tiga dimensi perkampungan kali Code seakan menciptakan latar depan kotak warna-warni dua dimensi. Pengamatan yang sangat baik saat mudik. Inspiratif!




@hartanotan

Dengan teknik foto yang sangat baik, postingan ini begitu sedap dipandang, Memperlihatkan ciri khas sebuah budaya dengan kegiatan manusia di dalamnya. Permainan garis bayangan dan latar monoton pada objek membuatnya terlihat menonjol dan hidup.


Ternyata dengan foto-foto yang sangat indah dan cerita yang menarik, pengalaman mudik justru dapat mendorong kreatifitas seorang individu untuk membuat karya yang bisa dibagikan kepada orang banyak. Selamat kepada para pemenang!

Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Travel

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US