Pendakian Seharga Alphard

Teks: Milika

Foto: Istimewa

Hampir pasti Everest berada di top list para pendaki, sampai mereka menyadari besar biaya yang harus dikeluarkan dan mental yang harus disiapkan.Termasuk kamu ga nih? Sebenernya berapa sih biaya pendakian Everest via Nepal (selatan)? Yuk kita bedah satu-satu.

https://www.nationalgeographic.com/adventure/features/everest/call-of-everest-gear-then-now/

Sebagai awalan, untuk mengantungi izin pendakian puncak dunia tersebut kita harus merogoh kocek sebesar 11.000 USD atau sekitar 154 juta rupiah. Biaya ini belum termasuk biaya porter, akomodasi, tiket pesawat ke Nepal dan Lukla, tabung oksigen dan makanan. Total biaya pendakian mencapai 45.000 USD atau sekitar 630 juta rupiah. Hmmm duit segini sudah bisa beli rumah di Depok nih.

https://education.microsoft.com/8848

Belom lagi kalau memilih pelayanan kelas VIP yang dilengkapi dengan International Mountain Guide dan tabung oksigen sepanjang perjalanan sampai ke puncak dan kembali ke camp. Paket ini bisa mencapai 100.000 USD atau 1,4 milyar rupiah komplit dengan penerbangan first class tentunya. Gimana, Everest masih ada di top list?

Tentunya untuk mendaki puncak dunia, peralatan yang kita pakaipun tidak boleh sembarangan. Ada harga ada rupa, perumpamaan ini sangat pas dengan perlengkapan yang dibawa atau dipakai menuju Everest. Sarung tangan yang mumpuni bisa seharga 300 USD. Jaket bulu angsa bisa mendakati harga 1000 USD. Jaket bulu angsa yang biasa dipakai untuk mendaki gunung pun dipastikan dengan grade terbaik supaya tubuh tetap nyaman dalam kondisi paling ekstrim sekalipun. Belum lagi untuk ekspedisi Everest yang bisa mencapai 2 bulan penuh ini setiap perlengkapan harus punya backup. Berarti harus beli 2 atau lebih. Perlengkapan sendiri bisa menghabiskan sekitar 10.000 USD atau sekitar 140 juta rupiah.Oh Nooo…

https://store.steampowered.com/app/384750/EVEREST_VR/

Kalau dihitung dengan biaya perintilan seperti biaya latihan fisik persiapan pendakian, obat-obatan, diamox dan viagra untuk mencegah AMS (penyakit karena ketinggian), tips untuk para Sherpa, asuransi dan lain-lain total biaya pendakian Everest sekitar 122.000 USD. Kalau dirupiahkan “hanya” sekitar 1,7 milyar saja. Bisa beli Alphard plus rumah di Bintaro kan yaa?


Sumber: https://business.time.com/2012/01/23/the-economics-of-everest/