Petisi Menolak Breaking Masuk dalam Youth Olympic

Sejak bertiup untuk pertama kali pada medio September 2016 silam isu masuknya breaking dalam Youth Olympic Buenos Aires 2018 menjadi bahan perbincangan panas di kancah street dance dunia. Sebagian pihak mendukung wacana ini karena menganggapnya sebagai kemajuan bagi breaking, namun tak sedikit pula yang kontra.

Wacana masuknya breaking dalam Youth Olympic Buenos Aires 2018 memang sedang menjadi isu terpanas saat ini di skena, penyebab utamanya tentu saja pro dan kontra di belakang putusan ini, terutama dari para pelaku breaking sendiri dan juga segenap hip hop dancer di seluruh dunia. Tak sedikit yang menyambut baik hal ini, terutamanya dari kalangan bboy/bgirl generasi terkini yang menganggap ini adalah sebuah kesempatan emas sebagai pembuktian diri sekaligus pengibaran nama setinggi mungkin, namun di sisi lain penolakan juga tak kalah kerasnya berkibar di udara, bahkan banyak yang datang dari nama-nama besar nan legendaris.

Dan penolakan itu pun telah mencapain babaknya yang baru setelah sebuah petisi penolakan terhadap keputusan memasukan breaking sebagai salah satu cabang dalam Youth Olympic Buenos Aires 2018 di website change.org muncul dan beredar luas di dunia maya. Petisi yang diinisiasi oleh akun Serouj Aprahamian dan ditujukan kepada International Olympic Committee (IOC) ini berisi penolakan terhadap keputusan dimasukannya breaking dalam Youth Olympic Buenos Aires 2018.

Alasan penolakannya adalah karena hal ini dianggap sebagai aksi eksploitasi semata yang dilakukan oleh International Olympic Committee (IOC) terhadap breaking, tarian yang dalam beberapa tahun belakangan mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. IOC dianggap hanya mau enaknya saja memetik ‘buah’ hasil kerja komunitas breaking dunia selama bertahun-tahun karena sebelumnya IOC bisa dibilang tak memberi sumbangsih apapun terhadap skena breaking.

Petisi ini pun dengan cepat menyebar di berbagai sosial media, terutama Facebook, di kalangan komunitas street dancer di seluruh dunia dan dalam waktu singkat ribuan orang tercatat menandatangani petisi ini secara digital sebagai wujud dukungan, termasuk di dalamnya nama-nama sohor yang berpengaruh seperti Mr.Wiggles, Poe One, Felix Huang dan lain-lain.   

Arthur Garincha