Pilihan Tempat Piknik Sambil Mudik di Jalur Pantai Selatan

Tak terasa Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba. Konsentrasi kita saat ini sudah mulai fokus pada rencana tradisi road trip alias mudik ke kampung halaman. Seperti biasa, bagi yang menempuh jalur darat, Jalur Pantura menjadi momok yang sangat menakutkan. Antrian panjang dengan waktu tempuh puluhan jam siap menghadang.

Kabar baiknya, sekarang Jalur Pantai Selatan yang biasa dijadikan jalur alternatif Jalur Pantai Utara sudah jauh lebih siap dari tahun-tahun sebelumnya. Jalur sepanjang 1.405 km yang terbentang dari Provinsi Banten sampai ke Jawa Timur ini kini kondisinya baik dan lebar. Selain itu, lansekap yang tersaji amat memanjakan mata para pengendara, barisan sawah, pegunungan dan pantai bergantian menghiasi perjalanan.

Selain deretan pemandangan yang muncul, deretan objek wisata bisa menjadikan obat saat perjalanan mulai bikin jenuh. Simak beberapa rekomendasi objek wisata yang bisa disinggahi dalam perjalanan di Jalur Pantai Selatan berikut:

Bandung dan sekitarnya

1. Tebing Gunung Hawu, Padalarang

Saat sinar matahari mengintip lewat Hawu. (Foto: @harivalzayuka)

Berlokasi di Tebing Citatah, Padalarang. Gunung ini memiliki lubang besar di tengahnya yang berbentuk seperti Tungku atau Hawu dalam bahasa Sunda. Momen terbaik mengunjungi objek ini adalah saat sunset atau sunrise; jika beruntung kita bisa mendapatkan momen ketika matahari mengintip lewat lubang besar tadi.

2. Curug Batu Templek, Bandung

Air mengalir melalui sela batu. (Foto:@ricki_ip)


Lokasinya sangat dekat dengah kota Bandung tapi air terjun ini masih asing di telinga para penduduk setempat. Curug ini terjadi akibat gempa tektonik yang menyebabkan air keluar dari sela-sela batuan. Saat musim hujan, aliran air deras jatuh layaknya seperti air terjun berlatar bebatuan cadas.










3. Leuwi Jurig, Garut

Leuwi Jurig, indah tapi penuh misteri. (Foto: @hartasderis)

Leuwi Jurig dalam bahasa Sunda berarti Kolam Setan. Konon berendam di kolam ini bisa menghindarkan kita dari berbagai pengaruh ilmu hitam. Guna membuktikannya, silahkan melipir sedikit ke arah Garut untuk menuju ke kolam yang keindahannya mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat ini. 

Pangandaran

4. Green Canyon, Pangandaran

Kombinasi tebing batu, aliran sungai dan pepohonan rindang di Green Canyon. (Foto: pinterest)

Berada tak jauh dari Pantai Pangandaran, Green Canyon memberi sensasi membelah tebing batu diatas aliran sungai berwarna hijau tosca, berbalut dadaunan hijau yang bikin teduh. Bagi yang mau basah-basahan dan siap bertualang, coba body rafting di sini. Sudah pasti nagih!

Jogja dan sekitarnya

5. Gunung Purba Nglanggeran, Gunung Kidul

KEmegahan Gunung Purba Nglanggeran. (Foto: berdesa.com)

Gunung ini merupakan gunung purba dan merupakan gunung berapi tertua di Jogja yang aktif sekitar 60 juta tahun silam. Mempunyai struktur indah dan unik karena dulunya berada di dasar lautan.

6. Pantai Timang, Gunung Kidul

Pacu adrenalin dengan menyebrang Laut Pantai Selatan. (Foto: yangchang28)

Sedikit uji nyali di atas kereta gantung di atas deburan ombak pantai selatan. Alat transportasi nelayan untuk menangkap lobster ini beralih fungsi menjadi objek wisata adrenalin.

7. Pantai Sinden dan Pulau Kalong, Gunung Kidul

Menyebrang jembatan gantung menuju Pulau Kalong. (Foto:saiffuul)

Setali tiga uang denga Pantai Timang, jembatan gantung ini juga menawarkan wisata adrenaline rush. Bikin campur aduk antara rasa deg-degan dan rasa terpukau oleh keindahan.

Pacitan

8. Pantai Ngandul, Pacitan

Air terjun mini tersembunyi (Foto: @bingah_inawati)

Pantai Ngandul sebenarnya merupakan sebuah tebing tersembunyi yang langsung menghadap ke lautan. Tebing ini menjadi muara sungai yang langsung menuju lautan sehingga menjadi sebuah air terjun mini.

9. Pantai Watu Karung, Pacitan

Ombang menantang Pantai Watu Karung. (Foto:@betetmerta)

Pantai berpasir putih dengan struktur bebatuan yang menakjubkan. Pantai ini memiliki ombak terbaik untuk dijadikan playground para peselancar.

10. Pantai Kasap, Pacitan

Menjelang sunset di Pantai Kasap. (Foto: okezone.com)

Banyak yang bilang pantai ini merupakan Raja Ampat mini. Keindahan gugusan pulau karangnya memang mirip dengan keindahan Wayang di Raja Ampat. Layak disambangi!

Malang dan sekitarnya

11. Tumpak Sewu, Lumajang

Niagara Falls-nya Indonesia. (Foto:@Tempagalileo)

Kumpulan air terjun dengan ketinggian mencapai 180 meter ini digadang-gadang sebagai Niagara Falls-nya Indonesia. Untuk mencapai Tumpak Sewu perlu jiwa petualang dengan level tinggi karena jalurnya lumayan menantang. Apalagi jika ingin turun sampai ke bawah air terjun, batuan licin dan tangga curam harus dilewati untuk mencapai dasar air terjun demi menikmati kemegahannya.

12. Gunung Bromo, Pasuruan

Bromo selalu menyajikan pesona keindahannya. (Foto: @treetop-pati)

Siapa sih yang tidak tahu Bromo? Walaupun sudah pernah mengunjunginya, rasanya keindahan Bromo tetap memanggil. Apalagi kalau kali ini bisa mampir sebentar sambil mudik.

13. Wisma Erni, Batu

Rumah mewah yang konon angker. (Foto: tripcanvas )

Kalau di Pantura ada Lawang Sewu sebagai wisata spooky--walaupun sekarang sudah jauh dari kesan seram--di jalur selatan ada Wisma Erni yang penuh misteri. Wisma yang berdiri di lahan bekas pemakaman ini dipenuhi kisah misteri tentang pemiliknya bernama Erni yang konon bunuh diri atau dibunuh secara keji. Kisah-kisah penampakan sang arwah menjadi pembicaraan hangat warga sekitar. Kalau sudah bosan dengan wisata adrenalin, wisata nyali yang satu ini patut dicoba.

Banyuwangi

14. Plengkung (G-Land), Alas Purwo

Ombak kelas dunia selera surfer dunia. (Foto: agentwisatabromo.com)

Ini bukan pantai pasir putih biasa. Plengkung terkenal sebagai surga surfing kelas dunia. Spot ini termasuk dalam 7 tempat surfing terbaik dunia. Tinggi ombaknya bisa mencapai 8 meter.

15. Jawatan Penyuluk, Banyuwangi.

Pesona Jawatan Penyuluk. (Foto:@linggapriadi)

Liukan pepohonan trembesi yang terbalut kabut pagi menjadikan daerah resapan air ini seperti salah satu lokasi shooting film The Lord of The Ring. Apabila cahaya matahari mulai masuk di celah-celah daun suasana magis sontak tercipta. Tempat ini sangat cocok untuk yang hobi fotografi.

Yang paling terpenting dari semua objek wisata di atas, tetap berhati-hati selama di perjalanan. Di sepanjang Jalur Selatan, beberapa ruas jalan masih ada jalan yang kondisinya belum sempurna, seperti di daerah Kebumen, Blitar dan jalur Trenggalek-Tulung Agung Malang . Selain itu jangan lupa persiapan yang matang sebelum berangkat. Cek dan ricek kondisi kendaraan agar tetap selamat sampai di tujuan. Selamat menikmati mudik sambil piknik!

Jangan lupa follow:

IG @EscapadeQube

FB EscapadeQube