Polisi Ini Dulunya Bboy Jagoan

Polisi selalu lekat dengan citra tegas, lugas serba saklek serta juga kaku, yang tentu saja tak terhindarkan bagi sebuah kesatuan penegak hukum. Namun di antara sekian banyaknya personil kepolisian republik ini ada satu yang unik yang mungkin akan merubah sedikit pandangan anda terhadap kesan kaku polisi: polisi yang bboy.

Namanya adalah Vendra Drenalde Mayza, seorang Brigadir Polisi yang kini bertugas di Polres Cimahi. Sekilas tak ada yang membedakan Vendra dengan sosok polisi kebanyakan – badan tegap berisi, raut wajah yang siap menerima komando apapun kapanpun, khas korps baju cokelat. Namun ternyata ada satu hal yang membuat laki-laki kelahiran Cimahi, 23 Mei 1985 menjadi unik dan berbeda dari personil Polri lainnya, dia adalah seorang bboy. Ya, seorang bboy yang polisi, polisi yang bboy.

Sebelum menjadi polisi Vendra telah menggeluti dunia breaking selama bertahun-tahun dan dalam perjalanannya Vendra, atau yang juga diakrabi di kancah breaking sebagai “Bboy Animate”, dikenal sebagai salah satu bboy terbaik yang pernah dihasilkan kota Bandung dan juga Indonesia. Bersama Dawn Squad (bboy crew legendaris asal Bandung) kiprah Vendra di lantai dansa bergaung hingga ke seluruh Indonesia, termasuk dengan sukses memenangi berbagai kompetisi besar. Dawn Squad sendiri pernah dikenal sebagai salah satu crew terbaik di Indonesia pada awal tahun 2000-an dengan Vendra sebagai salah satu punggawa utamanya.

Mulai belajar breaking sejak tahun 2000 Vendra telah bertualang di belantara dansa dansi hingga tahun 2009 dan hingga kini disandangi predikat sebagai legenda hidup dari Bandung. Tahun 2010 Vendra mulai mengurangi intensitasnya di dunia dance demi meniti karir sebagai polisi.

Namun toh gelegak itu masih ada dan akan selalu ada. Menjadi polisi tak lantas menghilangkan kecintaan Vendra terhadap breaking yang diwujudkannya dalam beberapa postingan di akun sosial media pribadinya. Beberapa kali Vendra mengunggah videonya saat berdansa dalam balutan seragam polisi, sesuatu yang cukup menarik untuk dilihat bagaimana sosok polisi dapat begitu fasih melakukan hal yang anak muda dan jalanan banget.

Hal itu pun diakui Vendra mendapat respon positif dari rekan kerja serta atasannya di kepolisian. AKsi Vendra dianggap dapat membawa dampak positif bagi polisi, membuktikan bahwa sesungguhnya polisi sedemikian dekat dengan masyarakat – berbagi hobi dan kecintaan yang sama.     

Arthur Garincha