Raben Coba Satukan Rap dan Dance dalam Video Klip “Aku Rampung”

Berkecimpung di skena hip hop selama hampir dua dekade Abner ‘Raben’ Penyami kembali menandai perjalanannya muntahkan rima di awal tahun 2017. Kali ini lewat lagu teranyar berjudul “Aku Rampung” yang dalam video klip nya menampilkan penari-penari hip hop dari berbagai kota di Indonesia.

“Aku Rampung”adalah bentuk interpretasi sekaligus ekspresi seorang MC bernama Raben terhadap hip hop, terutama perkembangannya hari ini. “Sebetulnya liriknya adalah lirik dari lagu lama, tapi karena ada masalah dengan kepemilikan beat akhirnya gue ngalah untuk orang lain pakai beat lagu itu. Akhirnya ada beat dari DJ Dangerdope yang diolah jadi lagu baru yang judulnya “Aku Rampung”’, jelas rapper kelahiran Jakarta 22 Juni 1987 ini.

Menariknya, dalam video klip “Aku Rampung” Raben mengajak beberapa penari elit yang namanya sudah tak asing di kancah dansa dansi jalanan Indonesia. Langkah ini diambil sebagai perwujudan unity dari slogan agung hip hop itu sendiri. “Gue melihat belum ada hubungan yang harmonis antara rapper dan hip hop dancer di Indonesia, padahal kalau bisa (bersatu) pasti akan menghasilkan sesuatu yang lebih besar”, adik Igor Saykoji ini menjelaskan perihal alasan memasukan hip hop dancer dalam video klip “Aku rampung”.

Nama-nama penari yang terlibat dalam video klip ini pun adalah deretan nama dengan reputasi menyilakukan di kancah, sebut saja Lee1(East Rider Crew), Katch (Frezh Motion),LJ (Kokoba), Novie1 (Aerial Crew), Pnut (Heavy Buck Stylez), Welkiz (Six Flava) dan lain-lain. Total ada 13 dance crew yang terlibat dari berbagai kota: Jakarta, Jambi, Palembang, Jogja, Bandung, Surabaya, Denpasar dan Jayapura.

Karena melibatkan dancer dari berbagai kota yang berbeda maka proses pengambilan gambar pun dilakukan oleh masing-masing penari di tempatnya masing-masing. Hal ini diakui pria yang juga berprofesi sebagai penyiar menjadi sebuah tantangan tersendiri. “Memang gak semua sempurna kayak yang kita minta karena mereka ambil gambar masing-masing di kota mereka,tapi effort teman-teman yang bikin itu berharga. Mereka ini adalah orang-orang yang sudah melakukan banyak hal untuk perkembangan hip hop dance – sesuatu yang mereka cintai – di daerahnya masing-masing. Itu hal penting juga yang mau diangkat lewat video ini”, pungkasnya.

(insert link Youtube video klip “Aku Rampung”)