RagamKelezatanMakananKhasPontianak

November 21, 2018Qubicle Culinary
Setelah kami cicipi banyak makanan khas Pontianak, kami baru tahu kalau ada rahasia dibalik kelezatannya!


Kota Pontianak pasti udah nggak asing lagi kan bagi kalian? Kalau kami mulai kenal Pontianak sejak belajar IPS di zaman SD dulu, lumayan lama sih, ya tapi tetap ingat kok. Bukan cuma kenal, kami hapal banget kalau kota ini dilintasi sama garis Khatulistiwa, yaitu garis yang membagi bumi menjadi dua bagian, belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Akibat dilalui garis Khatulistiwa, banyak wilayah di Indonesia, termasuk juga Pontianak beriklim tropis dan lahan pertaniannya subur, jadi gampang banget buat memproduksi aneka hasil pertanian, dari kopi, rempah-rempah, sampai bahan makanan pokok.

Berangkat dari situ, nggak heran kalau makanan khas Pontianak banyak yang enak dan unik. Saat berwisata kuliner ke sana, lidah kami benar-benar dimanjakan dengan cita rasa makanannya. Kombinasi bahan makanannya juga nggak biasa sampai bikin kami ketagihan buat terus menyantap makanannya. Apalagi kalau kalian makan di tempat-tempat yang legendaris, ada rasa kenikmatan tersendiri deh. Tapi setelah kami cicipi banyak makanan khas Pontianak, kami baru tahu kalau ada rahasia dibalik kelezatannya. Mungkin hal itu juga yang bikin makannnya jadi legendaris. Yuk intip rahasianya di bawah ini:


Bakmie Oukie Abu

Bakmi Oukie Abu (Foto: Qubicle)

Bakmi kepiting emang jadi salah satu makanan khas Pontianak. Oleh karena itu, waktu pertama menginjakkan kaki di sana, kami langsung melihat ada banyak kedai yang menjual bakmi kepiting. Kalian jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini ya. Jangan lupa juga buat mampir ke kedai Bakmi Oukie. Rahasia kelezatan bakmi kepiting di sini ternyata dari cara merebus kepitingnya. Waktu kami cobain makan, capit kepitingnya empuk banget, legit, dan nggak bau amis. Tekstur mienya juga kenyal, pas banget kalau dimakan bareng sama kepitingnya.

Ada beberapa kedai Bakmi Oukie yang kami temui di Pontianak, tapi kalau yang kami coba sih di daerah Gajah Mada., tepatnya di Jalan Gajah Mada No.239, Pontianak, Kalimantan Barat. Meskipun pakai kepiting segar dengan ukuran lumayan besar, harganya nggak sampai Rp100.000 lho!


Kopi Asiang

Kopi Asiang (Foto: Qubicle)

Kata-kata yang tepat buat mengungkapkan makanan khas Pontianak yang satu ini yaitu, legendaris banget. Kalian pasti pernah denger kan dari teman-teman atau dari tv kalau di Kota Tugu Khatulistiwa ada yang jual kopi tapi nggak pakai baju. Iya, itu dia namanya Bapak Asiang. Setiap hari dia melayani para pelanggannya tanpa menggunakan pakaian. Kata orang-orang sih, itu yang jadi kelezatan dibalik secangkir kopinya. Rasa kopi di sana emang enak sih, kalau penasaran mending kalian langsung aja cicipin sendiri.

Warung Kopi Asiang ada di Jalan Merapi, Pontianak, Kalimantan Barat. Kalau mau ketemu sama Bapak Asiang, kalian harus datang pagi ya karena dia cuma melayani pengunjung sampai siang aja. Tenang, ada banyak camilan enak di sana yang bisa kalian makanan buat mengganjal perut kok. Mulai dari kueku, pastel, pisang goreng, sampai getuk. Dan jangan heran kalau kalian harus mengantre sejenak untuk mendapatkan tempat duduk, karena tempat ini memang selalu ramai, tapi percayalah kalian tidak akan rugi menunggu, karena kami sudah mencobanya secara langsung dan memang nikmat kopi Asiang ini.


Es Krim Angi

Es Krim Angi (Foto: Qubicle)

Buat yang khawatir bakal kepanasan di Pontianak, mendingan langsung mampir aja ke kedai Es Krim Angi yang sudah menjual es krim lebih dari 60 tahun. Rasa es krimnya banyak, ada cokelat, vanila, durian, nangka, stroberi, dan lain-lain. Nah, kalau rahasia dibalik kelezatan makanan khas Pontianak yang ini ada di isian es krimnya. Jadi topping es krimnya nggak ditaburkan di atas es krim tapi malah di dalamnya. Isian es krimnya juga beragam, mulai dari kacang merah, rumput laut, sampai cincau. Pas banget deh buat menemani siang hari kalian yang melelahkan.

Tempat Es Krim Angi selalu ramai karena posisinya pas banget di seberang sekolah Santo Petrus yang bikin Es Krim Angi jadi dikenal juga sebagai Es Krim Petrus. Kalau mau cobain es krim yang disajikan dibatok kelapa ini, datang aja ke Jalan Karel Satsuit Tubun No.8, Pontianak, Kalimantan Barat.


Bubur Ikan Ahian

Bubur Ikan Ahian (Foto: Qubicle)

Kalian pernah makan bubur ikan di Jakarta? Kami sih jujur saja, baru pertama kali makan bubur ikan di Pontianak. Makanan khas Pontianak ini menyajikan bubur dengan topping ikan, mulai dari daging ikan sampai kulit ikan. Salah satu ikan yang digunakan yaitu ikan kakap putih. Rahasia kelezatannya yaitu tekstur buburnya yang masih mirip nasi dan cara merebus ikannya. Jadi saat kami memesan seporsi Bubur Ikan Ahin, kami mendapatkan satu mangkuk sup ikan campur dengan aneka bumbu pelengkap dan satu mangkuk bubur nasi. Perpaduannya mantap!

Kalian yang penasaran bisa mampir ke Jalan WR Supratman, Pontianak, Kalimantan Barat. Proses memasaknya ada di depan kedainya lho, jadi kalian bisa langsung melihat bagaimana cara penyajian buburnya.


Chai Kwe Ahin

Chai Kwe Ahin (Foto: Qubicle)

Nah, kalau mau merasakan kelezatan makanan khas Pontianak yang lain, mampir saja ke Chai Kwe Ahin yang terkenal. Di sini ada chai kwe kukus dan goreng. Isinya mulai dari bengkuang, keladi, sampai kucai. Bumbunya ada dua sambal encer dan bumbu kacang. Rahasia kelezatannya yaitu kulit tipis di chai kwe kukus. Pelanggan dari Jakarta biasanya sering membawa oleh-oleh chai kwe kukus sampai 1.000 buah. Jangan lupa tambahkan bawang goreng khas dari Chai Kwe Ahin sebelum kalian menyantapnya.

Makanan ini dikenal dengan nama choipan di Jakarta. Kalau ke Kalimantan jangan lupa mampir ke Kwe Chai Ahin di Jalan Siam, Pontianak, Kalimantan Barat.

Buat mencicipi semua makanan di atas kami hanya menghabiskan waktu dua hari saja. Itu pun di luar dugaan kami, ternyata harga makanan di Kota Tugu Khatulistiwa sangat terjangkau. Kalau kalian belum ada rencana liburan akhir tahun, berwisata kuliner untuk mencicipi makanan khas Pontianak bisa jadi pilihan yang tepat lho. Selamat mencoba!



Oleh: Suci Rizqi Lestari

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US