Rekor-Rekor Dunia di Dunia Dance

Sudah menjadi takdir bahwa salah satu sifat alami manusia adalah selalu berusaha menembus batas-batas yang sudah ada sebelumnya, dalam berbagai bidang. Karenanya tak heran umat manusia mengenal Guiness World Records yang mencatat berbagai macam rekor dari seluruh dunia, termasuk yang berasal dari lantai dansa. Apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa diantaranya:


1. Tap dance terbanyak

Rekor tap dance terbanyak dalam Guiness World Records dicatatkan oleh Anthony Morigerato pada 23 Juni 2011 dengan melakukan 1.163 hentakan dalam 1 menit menari tap. Anthony adalah seorang penari profesional dari Eleanor’s School of Dance di New York sekaligus seorang guru tap dance yang mengajar kelas master di NUVO Dance Convention.


2. Tarian macarena Terbesar

Macarena adalah tarian yang sempat sangat populer di era 90-an, namun rekor dunia dari tarian ini justru tercipta pada tahun 2000-an. Tepatnya pada 7 Juli 2011 ketika Eggbuckland Community College di Plymouth, Inggirs memecahkan rekor tarian macarena terbesar dengan total peserta 2.219 orang. Tarian itu berlangsung selama 5menit 36 detik, bertempat di lapangan atletik sekolah tersebut.


3. Tap dance terjauh

Seberapa jauh seorang penari tap dance bisa melangkah sambil terus menghentakkan kakinya? Sebuah rekor yang dicatat Guiness Wolrld Records mencatat angka sejauh 16,73kilometer atau 10,4 mil. Tarian itu dilakukan oleh 13 orang penari tap dari Centre of Movement School of Performing Arts, yang menari mulai dari Portland ke Gorham, Maine, Amerika Serikat. Mereka menari selaka 4 jam 33 menit pada 20 Oktober 2002.


4. Pesta dansa paling lama

Pesta dansa selalu menyenangkan, tapi tidak banyak orang yang sanggup berpesta hingga waktu yang lama. Tapi tidak dengan para hadirin yang datang ke pesta yang diadakan oleh Unique Events Limited di Irlandia pada 27 Oktober 2006, sebab pesta itu berlangsung selama 55 jam non stop. Pesta dimulai pada pukul 12.00 tanggal 27 Oktober 2006 dan berakhir pada 29 Oktober 2006. Pesta gila itu melibatkan 40 orang penari dimana 31 diantaranya sanggup berdansa secara maraton selama 55 jam penuh.    

Arthur Garincha