SambutFilmSuzanna,InilahFaktaMenarikSangRatuHoror

October 15, 2018Qubicle Film and TV
Menjelang peluncuran film Suzanna yang di-remake oleh Soraya Films, baiknya kita simak dulu fakta menarik sang ratu horor

Bicara tentang legenda perfilman horor Indonesia, nggak bisa lepas dengan sosok ratu horor, Suzanna. Bukan hanya kepiawaian beraktingnya di setiap film horor yang selalu bikin bulu kuduk merinding, tapi cerita di kehidupan nyatanya juga sungguh misterius dan penuh kejanggalan.

Suzanna sendiri sudah bermain film sejak tahun 50'an. Film pertamanya besutannya berjudul Asrama Dara yang tayang di tahun 1958. Film Suzanna saat ini sudah mencapai sekitar 40 judul.

Lahir di Bogor pada tanggal 13 Oktober 1942, Suzanna memiliki nama lengkap Suzanna Martha Frederika van Osch. Bisa dibilang sosok Suzanna adalah sosok yang legendaris. Bahkan, belakangan ini viral beberapa trailer film Suzanna. Terang saja, karena Soraya Films akan me-remake film Bernafas dalam Kubur (2018) yang akan tayang 15 November 2018 mendatang dan dibintangi Luna Maya sebagai Suzanna.

Film Suzanna yang akan tayang tersebut adalah semacam penggabungan dari dua judul film Suzanna, yaitu Bernapas dalam Lumpur (1970) dan Beranak dalam Kubur (1972), yang bisa dibilang membuat nama Suzanna besar dikancah perfilman Indonesia.

Sosok legenda nggak bisa lepas dari fakta yang membalut hidup mereka. Maka dari itu, berikut kami beberkan beberapa fakta tentang Suzanna.

1. Bakat akting Suzanna pertama kali dilirik oleh Usmar Ismail

Siapa sangka kalau, Usmar Ismail selaku Bapak Perfilman Indonesia lah yang pertama kali melihat bakat akting luar biasa Suzanna?

Di tahun 1956, Usmar Ismail membuat film Tiga Dara yang sukses meraih perhatian dari para penontonnya di kala itu. Lalu kemudian, Usmar Ismail membuat film Asrama Dara yang dibuat di tahun 1958. Di film inilah Suzanna pertama kali menunjukkan bakat akting luar biasanya. Bahkan sampai-sampai Suzanna sempat djuluki sebagai “The Next Indriati Iskak” oleh Usmar Ismail karena memiliki wajah bule yang cantik.

2. Suzanna sempat menjajal dunia tarik suara

Suzanna pernah menjajal dunia tarik suara. Pada kesempatan kali ini, sekitar tahun 60an, Suzanna mencoba berkolaborasi dengan suami pertamanya, Dicky Suprapto. Suzanna dan Dicky berpartisipasi dalam album kompilasi artis pop. Di album ini juga turut serta penyanyi ternama seperti Ernie Djohan dan Tanty Josepha.

3. Kerap mengonsumsi bunga melati untuk kecantikannya

Sempat santer tersiar kabar, kalau demi menjaga kecantikannya, sang legenda film horor, Suzanna sering mengonsumsi bunga. Bak seperti di dalam film Suzanna sendiri, bunga tersebut adalah bunga melati yang memang identik dengan bau kehadiran makhluk halus.

Potret Suzanna muda (foto: istimewa)

4. Suzanna pernah beradegan 'panas' di beberapa film

Siapa bilang film Suzanna cuma horor aja? Ternyata, Suzanna juga beberapa kali pernah ditantang untuk beradegan panas di suatu film. Suzanna ternyata membuktikan bakat aktingnya bukan cuma sebagai hantu belaka. Ia beberapa kali beradegan panas seperti dalam film Bernafas dalam Lumpur (1970), Bumi Makin Panas (1973), Sundel Bolong (1983), dan lainnya. Di Indonesia pada dekade 70-an dan 80-an memang film panas sedang menjadi tren. Dengan begitu, mau tidak mau tiap aktris, termasuk Suzanna harus mau mengikuti kemauan pasar agar tetap eksis di dunia perfilman.

5. Menjadi nominator pemeran wanita utama wanita terbaik FFI

Suzanna sempat 2 kali masuk dalam Nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI. Film Suzanna pertama yang membawa dirinya menjadi nominasi di FFI adalah saat Suzanna berperan sebagai seorang janda anak satu yang bernama Maria di film Pulau Cinta di tahun 1978. Lalu, nominasi yang kedua ia dapatkan pada saat dirinya berperan dalam film Ratu Ilmu Hitam di tahun 1981.

Potret Suzanna (foto: istimewa)



Oleh: Habsi Mahardicha

Like what you read? Give Qubicle Film and TV your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Film and TV

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US