SATE KLATHAK PAK BARI

Hello qubers! Berbicara tentang Yogyakarta, pasti tidak jauh dengan wisata kuliner yang taps jiwa. Apalagi kuliner malamnya, dari gudeg hingga sate. Nah, kali ini qubediningrat akan membahas tentang Sate Klathak.

Sate klathak adalah sate kambing yang dibakar di atas bara api seperti kuliner sate pada umumnya. Namun yang membedakan adalah tusuk satenya. Alih-alih menggunakan bambu, potongan daging kambing ditusuk-tusuk dengan jeruji sepeda yang terbuat dari besi sebelum dibakar. Penggunaan jeruji besi sebagai pengganti tusuk bambu ini pun dipercaya membuat daging kambing matang merata karena sifat besi yang menghantarkan panas dengan baik.

Nah, Sate Klathak yang akan kita kulik adalah Sate Klathak Pak Bari. Qubers pasti tau kan film AADC2, nah Sate klathak Pak Bari ini merupakan bagian dari 9 lokasi syuting AADC2 di Yogyakarta loh. Semenjak menjadi lokasi syuting ini, Sate klathak Pak Bari menjadi membludak pelanggan. Pelanggan disini tak hanya masyarakat sekitar, akan tetapi pejabat dan artis-artis ternama di Indonesia.

Pak Subari atau yang dikenal Pak Bari ini merupakan generasi ketiga dari penjual Sate Klathak di keluarganya. Yang mengawali berjualan sate adalah neneknya yaitu Mbah Ambyah saat sebelum kemerdekaan, lalu di lanjutkan oleh Pak Wakidi yang akhirnya pada tahun 1992 diteruskan oleh Pak Subari.

Di Sate Klathak Pak Bari ini tidak hanya menjual Sate Klathak saja, melainkan ada olahan daging kambing lain seperti tongseng, gulai, kicik. Oiyaa, semua minuman panas disini menggunakan gula batu. Setiap jenis masakan tadi di banderol dengan harga 20ribu per porsi lengkap dengan nasi dan minumannya.

Bagaimana? Tertarik kah kalian makan Sate Klathak Pak Bari? Pasti iya dong, biar kaya Rangga sama Cinta yang habis jalan2 ke Ratu Boko terus makan di sini. weeeeeew

Alamat Sate Klathak Pak Bari  Pasar Jejeran, Jl. Imogiri Timur , Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta.


foto oleh

https://peakseason.files.wordpress.com

https://jogja.tribunnews.com/