Sejumlah Daerah di Indonesia Siap Menggelar Record Store Day 


Berbagai kota di Indonesia sedang bersiap menggelar pesta perayaan rilisan fisik yang dirayakan setiap tahun di bulan April, namun banyak yang kompak mengadakan tanggal 21 April. Hari yang ditunggu untuk mereka para penikmat rilisan fisik dari kaset, CD, dan vinyl bertemu dan menemukan rilisan-rilisan fisik terbatas dari musisi kesayangan yang sudah pasti akan menjadi koleksi berharga. Jangan tanyakan, berapa harga berlipat kemudian dari rilisan-rilisan terbatas tersebut.

Record Store Day pertama kali digagas pada tahun 2007 di sebuah pertemuan dari pemilik toko rekaman independen dan karyawan mereka sebagai cara untuk merayakan dan menyebarkan informasi tentang budaya unik dari 1400 toko rekaman independen di Amerika dan ribuan toko serupa secara internasional. Record Store Day pertama berlangsung pada 19 April 2008. Record Store Day secara internasional ini dikelola oleh Michael Kurtz, Carrie Colliton, Michael Bunnell dan Eric Levin.

Dok.RSD18

Pada tahun 2009 Jesse Hughes dari Eagles of Death Metal menyatakan dirinya sebagai Record Store Day Ambassador, ini sebagai cara untuk meneriakkan betapa pentingnya toko-toko itu bagi para seniman musik dan juga penggemar militan mereka. Walau trend digital makin besar, namun budaya menyimpan rilisan fisik ini dirasa masih penting.

Setelah itu bergantian musisi kelas dunia menjadi Record Store Day Ambassador. Dari mulai Joshua Homme, Ozzy Osbourne, Iggy Pop, Jack White, Chuck D, Dave Grohl, Metallica, St. Vincent dan di tahun 2018 terpilih Run The Jewels.

Di Indonesia sejumlah kota juga siap menggelar Record Store Day. Dari mulai Jakarta, Bandung, Surabaya, Bogor, Yogyakarta, Samarinda, Balikpapan, Padang, dan Medan. Berikut beberapa kota yang berhasil Musiclife kumpulkan.

1. Jakarta 


2. Bandung

3. Yogyakarta

4. Surabaya

5. Bogor

6. Padang

7. Samarinda

8. Balikpapan

9. Medan

Oleh Finne. H / Foto: Dok. RSD