Sepakbola dan Musik Lokal

Oleh: Denanda Putra

Musim piala dunia membuat orang mengaitkan banyak hal dengan sepakbola. Salah satu yang kental hubungannya adalah musik. Olahraga segala lapisan itu, bertalian dengan musik. Banyak sekali musisi yang mengungkapkan cintanya lewat nada yang mereka buat.

Tidak ketinggalan di Indonesia. Berbagai kantong-kantong penting musik di Indonesia, punya contoh pertalian ini. Di bawah ini, adalah beberapa band yang punya karya tentang sepakbola. Selain cinta pada tim kampung halaman, beberapa juga menggunakan nada untuk protes pada keadaan. Ada juga yang menjadikannya cara untuk mengenang legenda. (*)

01. Rentenir – Man of the Match

Rentenir memuat banyak konten sepakbola dalam musik mereka. Band skinhead dengan daftar karya panjang ini, memang menggemari sepakbola dan menerjemahkan cinta mereka dengan baik. Terutama pada Persib Bandung.

02. DOM 65 – Fortuna

Dari Jogjakarta. Band punk dengan banyak isu perlawanan ini, terjerembab juga pada cinta akut akan PSIM Jogjakarta yang kebanyakan berkutat di divisi bawah dan tidak punya prestasi mentereng, tapi ada di hati banyak sekali orang di Jogjakarta.

03. Moonshine Ska Band feat. Bu Joko – Persebaya 1927

Surabaya tidak ketinggalan: Juga mengalirkan cinta dengan kemasan musik untuk sepakbola. Sudah layak dan sepantasnya.

04. Endank Soekamti – Sampai Jumpa

Lagu ini, sebenarnya bukan tentang sepakbola. Tapi, sepakbola menggunakannya untuk mengiringi salah satu kisah paling dramatis di Indonesia; kiper sekaligus legenda hidup Persela Lamongan, Choirul Huda, meninggal ketika sedang beraksi di lapangan. Sebuah tribute diberikan padanya oleh LA Mania yang secara sepakat menyanyikan lagu milik Endank Soekamti untuk menghormati Huda yang setiap sampai akhir pada tim kampung halamannya itu. Ini sisi indah sepakbola.

05. Sexpunk – Juku Ejayya

Memetakan sepakbola Indonesia, sudah pasti harus memasukkan kota Makassar di dalamnya. Menemukan band ini memainkan lagu tentang sepakbola, seolah jadi pertemuan penting. Sexpunk adalah nama dengan sejarah panjang di kota itu. Wajar jika kemudian mereka berbicara tentang PSM Makassar di salah satu ceritanya.

06. Koil – Untuk Kemenangan Kami

Lagu ini bisa diartikan dengan banyak interpretasi. Tapi, mengaitkannya dengan sepakbola, rasanya selalu cocok. Dirilis di dalam album Viking Persib Compilation tahun 2002. Ya, enam belas tahun yang lalu.

07. Silampukau – Bola Raya

Berasal dari kota sepakbola, rasanya tidak pas apabila artikel ini tidak memasukkan lagu protes menyentil telinga model Bola Raya ini. Coba bayangkan, apakah pantas berharap bisa dapat prestasi tinggi apabila modal paling dasar sepakbola bernama lapangan susah didapat dan kalaupun ada mahal dan tidak bisa diakses semua orang?