SiapkanHalIniJikaInginMudikNaikMobil

June 12, 2018Qubicle Automotive
Ingin mudik bawa mobil probadi? Cek kondisinya dulu sebelum berangkat.

Idul Fitri atau lebaran adalah acara penting bagi umat Islam di Indonesia yang biasanya dibarengi dengan tradisi mudik untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Bagi kamu yang berencana mudik menggunakan mobil pribadi bersama keluarga sebaiknya siapkan beberapa hal ini terlebih dahulu agar aman dan nyaman saat perjalanan.

Foto: dreamrides

General Check-up Mesin

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah pengecekan menyeluruh pada sektor mesin di bengkel resmi atau bengkel langganan. Selain pengecekan, lakukan service atau tune-up yang meliputi penggantian oli mesin bila sudah waktunya, pengecekan busi, oli transmisi, membersihkan filter udara dan cek air radiator.

Foto: dreamrides

Periksa Kondisi Kaki-kaki

Kondisi kaki-kaki mobil yang prima bisa menambah rasa aman dan nyaman saat menempuh perjalanan jauh. Untuk mengetahui kondisinya, kamu bisa membawa mobil ke bengkel spesialis kaki-kaki. Selain itu periksa kondisi ban dan rem, untuk ban jika alurnya sudah menipis segera ganti dengan yang baru. Untuk sistem rem bila terasa sudah tidak pakem dan bersuara aneh, segera bersihkan atau ganti brake pad.

Foto: dreamrides

Periksa Kondisi Lampu

Sistem lampu pada mobil sangat penting dalam berkendara, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Pastikan bohlam lampu utama menyala dengan seksama. Tidak hanya lampu utama saja yang penting, sein dan rem juga perlu diperhatikan karena berhubungan langsung sebagai tanda untuk pengguna jalan lain.

Foto: dreamrides

Lengkapi Tool Kit Bawaan

Tidak sedikit yang meyepelekan hal berikut ini, yakni memperhatikan kelengkapan tool kit bawaan mobil. Pastikan kelengkapannya seperti dongkrak, kunci roda, segitiga pengaman dan lainnya terjaga karena akan berguna di saat darurat. Jika ada yang hilang segera lengkapi.

Foto: dreamrides

Periksa Kelengkapan Isi Kotak P3K

Kotak P3K merupakan kotak yang berisi perlengkapan dan peralatan untuk tindakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Selain memeriksa kelengkapannya, perhatikan tanggal kedaluwarsa pada obat luka atau cairan lainnya agar aman saat digunakan.

Foto: dreamrides

Isi Saldo e-Toll Sesuai Kebutuhan

Sebelum berangkat tentukan rute perjalanan yang akan kamu lewati dan cek saldo e-Toll. Jika kurang, segera lakukan pengisian agar tidak mengganggu transaksi di gerbang Tol.

Foto: dreamrides

Drive Safely

Last but not least, jaga kebugaran saat mengemudi. Segera istirahat jika merasa lelah atau mengantuk. Jaga kecepatan dalam berkendara, patuhi peraturan lalu lintas dan mengemudilah secara aman agar tiba dengan selamat di tempat tujuan.


Menyambut hari yang suci ini, dreamrides mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.


Facebook : dreamridesqube | Instagram : dreamridesqube

Like what you read? Give Qubicle Automotive your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Automotive

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US