SpoilerAlert:SajianHororMagisalaHereditary

July 04, 2018Dwiyan Pratiyo
Dari film horor terbaru Hereditary garapan rumah produksi A24, hati-hati sedikit spoiler.

Sebagai salah satu film yang dirilis oleh rumah produksi A24 tidak salah kalau Hereditary diklaim sebagai salah satu film horor terngeri tahun ini. Mengikuti kesuksesan beberapa film garapan A24 lainnya seperti Moonlight (2017 Academy Award Winner Best Picture), Ladybird, The Lobster (2017 Academy Award Nominee Best Original Screenplay) dan The Killing of a Sacred Deer, Hereditary menghadirkan horor yang benar-benar mengasyikkan untuk ditonton. Hereditary mampu membuat penontonnya bergidik dan terhibur dalam satu waktu.

Keluarga Graham (source; a24films.com)

Film ini bermula dari peristiwa wafatnya ibunda dari Annie (Toni Collette) dan pasangannya Steve (Gabriel Byrne) sekaligus nenek bagi Peter (Alex Wolff) dan Charlie (Milly Shapiro), mengisahkan pengalaman misterius Annie yang akhirnya membawa keluarganya berubah drastis setelah sebuah kejadian yang mengejutkan dan rangkaian misteri terkuak dari mendiang ibunda. Kejadian yang mengubah keluarga Graham ini menuju fase paling mengerikan dari hidup mereka untuk selamanya.

Milly Shapiro sebagai Charlie (source: A24films.com)

Sepanjang 120 menit lebih penonton akan diajak naik-turun merasakan kengerian dan keindahan sinematografi garapan sutradara Ari Aster. Teror demi teror yang menghantui Annie (Toni Collette) dan keluarganya tergambar dengan begitu detail dan apik. Ditambah peran Toni Collette yang begitu meyakinkan dan ekspresif, menambah nilai misterius. Rumah produksi A24 pun membuat emoji Tonimoji untuk salah satu adegan Toni Collette ini. Tidak hanya itu, Milly Shapiro yang memerankan Charlie si anak bungsu yang berkepribadian khusus juga tidak kalah misteriusnya dalam menambah bumbu horor di film ini.

Tonimoji Hereditary (source: a24films.com)

Seperti pada umumnya film horor, kengerian yang dibalut dengan tata suara yang handal pastinya berhasil membuat kaget seisi bioskop. Bahkan, sebuah suara 'tok' dari bunyi lidah yang berbenturan dengan langit-langit mulut saja bisa menjadi begitu ikonik dalam film ini. Beberapa adegan dan peran ikonik dalam film Hereditary ini sepertinya akan menempatkan Hereditary kedalam daftar film favorit bagi para pecinta film horor.

"I never wanted to be your mother" - Annie (Toni Collette)

Bagi yang telah menonton film Pengabdi Setan (2017) garapan Joko Anwar, sepertinya akan merasakan kemiripan cerita dan pengalaman yang sama dengan film Hereditary ini. Hanya saja dengan aura angker dan mistisisme yang berbeda kelas. Coba perhatikan adegan untuk Annie (Toni Collette) dan Rini (Tara Basro), dimana keduanya sama-sama terbangun dari mimpi mereka. Namun, terkait paket original soundtrack, Pengabdi Setan tetap lebih baik.

 
Salah satu adegan Annie (Toni Collette) source : a24films.com

Ari Aster selaku sutradara sekaligus penulis seolah mampu mengubah setiap misteri menjadi plot twist dengan menambah teka-teki simbolik kelompok sesat pemuja setan. Alur cerita yang dibuat tidak terduga dan tidak menghadirkan hantu mainstream seperti Valak dan keroco-keroconya menjadi nilai tambah Aster. Meskipun merupakan debut pertamanya di film layar lebar eksekusi Ari Aster dalam menghadirkan horor non-mainstream berhasil meraih reaksi positif dari penikmat dan pengamat film.

Namun tidak ada film yang benar-benar sempurna. Bila dibandingkan dengan film The Killing of a Sacred Deer besutan rumah produksi yang sama, film ini secara holistik terbilang masih kalah dari sisi storytelling dan level kengeriannya. Eksekusi akhir cerita film terbilang cukup perlu dipertanyakan, dan menjadikan Hereditary kalah misteriusnya dari The Killing of a Sacred Deer. Tetapi, keduanya layak kamu nikmati dan masuk dalam daftar film horor yang asyik untuk kamu tonton saat ini.

Like what you read? Give Dwiyan Pratiyo your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Dwiyan Pratiyo

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US