TipsMengendaraiMobildenganAmandanNyaman

May 15, 2018Qubicle Automotive
Ingin mengendarai mobil dengan aman dan nyaman? Simak ulasannya berikut ini.

Saat mengendarai mobil di jalan raya, sudah seharusnya kita berkendara dengan baik dan benar. Hal ini merupakan salah satu dari berbagai aspek keselamatan berkendara di jalan raya. Selain mencegah kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri, juga demi terwujudnya keamanan dan kenyamanan berkendara dengan pengguna jalan lainnya. Berikut 6 hal yang sebaiknya diperhatikan saat mengendarai mobil.

Foto: Dreamrides

Mengenakan Sabuk Pengaman

Di setiap mobil umumnya sudah tersedia sabuk pengaman yang dirancang untuk menahan tubuh pengendara dan penumpang saat terjadi kecelakaan atau pengereman mendadak. Namun sayangnya masih ada beberapa pengendara yang lalai untuk mengenakannya. Agar selalu aman dan nyaman saat berkendara, pakailah sabuk pengaman sebelum berangkat.

Foto: Dreamrides

Menyesuaikan Posisi Duduk

Posisi duduk saat berkendara juga menentukan kenyamanan dan keamanan berkendara. Usahakan posisi perut tidak terlalu dekat dengan lingkar kemudi karena akan susah bergerak saat ingin memutar setir, kemudian sesuaikan tinggi rendahnya jok agar posisi kaki dapat mengoperasikan pedal secara optimal.

Foto: Dreamrides

Mengatur Posisi Tangan Saat Memegang Setir

Mungkin banyak pengemudi yang menganggap hal berikut ini sepele, namun posisi tangan saat memegang setir dengan baik dan benar merupakan salah satu hal penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat mengendarai mobil. Sebaiknya saat memegang setir disarankan seperti arah jam 9 dan jam 3. Posisi tangan kiri berada di arah jam 9 sementara tangan kanan di arah jam 3. Posisi tersebut bisa dibilang paling nyaman.

Foto: Dreamrides

Mengatur Posisi Kaca Spion

Pada saat berkendara, kaca spion dalam dan luar tentunya sangat berguna untuk melihat kendaraan sekitar dan melihat jarak bagian belakang saat parkir. Sebaiknya atur posisinya sebelum jalan agar tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Foto: Dreamrides

Nyalakan Lampu Sein Saat Mau Belok

Hal ini juga banyak disepelekan oleh para pengendara mobil, yakni menyalakan lampu sein saat ingin belok. Pada dasarnya lampu tersebut berguna untuk memberi tahu para pemakai jalan lainnya sebagai tanda bahwa mobil akan berbelok. Akibat dari kelalaian tersebut tidak jarang terjadi kecelakaan di jalan raya.

Foto: Dreamrides

Jangan Pegang Smartphone Saat Berkendara

Terakhir hal yang paling sering terjadi adalah beraktivitas dengan smartphone saat mengendarai mobil. Hal tersebut tentu sangat membahayan diri sendiri, penumpang dan pengendara lainnya di jalan raya karena akan menyebabkan konsentrasi pengemudi terbagi antara smartphone dan berkendara. Sebaiknya, selesaikan dulu aktivitas di smartphone sebelum berangkat agar berkendara lebih aman hingga ke tempat tujuan.


Facebook : dreamridesqube | Instagram : dreamridesqube

Like what you read? Give Qubicle Automotive your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Automotive

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US