Titik Nol Jogjakarta

Titik nol kilometer Kota Yogyakarta adalah sebuah titik yang menjadi patokan penentuan jarak antar daerah di Yogyakarta atau kota-kota lain di luar Yogyakarta dan sejajar persis dengan Merapi.

Di manakah letak titik nol kilometer Kota Yogyakarta? Beberapa orang mungkin memiliki jawaban yang berbeda. Ada yang mengatakan bahwa titik nol kilometer tersebut berada di Keraton, Alun-alun Utara, atau malah di antara dua Pohon Beringin yang berada di tengahnya. Secara keseluruhan, letak titik nol kilometer berada di lintasan antara Alun-alun Utara hingga Ngejaman di ujung selatan Malioboro.

Kawasan di sekitar titik nol kilometer ini adalah kawasan wisata sejarah berupa bangunan-bangunan kuno yang sering juga disebut loji, yaitu bangunan-bangunan tua yang besar peninggalan Belanda. Kawasan nol kilometer juga menjadi sentra perekonomian bagi masyarakat Yogyakarta karena letaknya yang memang strategis. Sebut saja kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, kawasan jalan Kyai Ahmad Dahlan, serta kawasan jalan Wijilan yang tak pernah sepi dan selalu dipadati wisatawan.

sumber: jalanjogja.com

Saat malam hari, di sepanjang trotoar di sekitar perempatan menjadi tempat muda-mudi nongkrong menghabiskan malam dan juga menjadi tempat berkumpulnya komunitas-komunitas tertentu untuk berekspresi dan mencari inspirasi. Di area Monumen Serangan Umum Satu Maret yang juga masih berada di kawasan nol kilometer ini juga sering dipakai untuk konser musik dan kegiatan-kegiatan lain. Selain dekat dengan wisata lainya, Tirtik nol Kilometer ini yang sangat strategis kerap digunakan untuk aksi damai, demonstrasi serta karnaval budaya Jogja. Setiap harinya khususnya hari Sabtu dan Minggu, tempat Titik Nol Kilometer ini akan sangat ramai dikunjungi para wisatawan baik yang ingin sekedar bersantai maupun bagi para penggunan jalan yang ingin ke Malioboro maupun Alun-alun dan Keraton Jogja.

Inilah wajah kota Yogyakarta yang sangat unik dan saling mengisi, keterpaduan antara harmonisnya, tua, klasik, mapan dan matang akan sejarahnya. Dikawasan inilah para wisatawan bisa merasakan nuansa Jogja masa kini.