Toko Musik: BandTemenLoe - Jason Ranti Jadi Inget Iwan Fals!

Kami, Soundquarium, sempat mampir ke sebuah kedai kopi di sekitaran Bintaro. Pertama kami tidak menemukan hal yang berbeda dibanding kedai kopi lain. Namun perlahan, kesadaran kami mulai membuncah di tengah hiruk-pikuk teriakan pelanggan dan bunyi mesin kopi. Ternyata, kedai kopi ini bukan sekedar tempat ngumpul para penjelajah kopi saja, namun juga para penikmat musik sidestream.  Di dalam kedai kopi tersebut, berdiri toko musik yang dikelola seseorang bernama Cak Hendra.

Aroma kopi dan suara sayup musik sebagai latar, mengiringi obrolan kami dengan Cak Hend. Mulai obrolan seputar kemacetan di wilayah Bintaro, gosip murahan televisi, lalu situasi politik yang tidak menentu, sampai akhirnya kita benar-benar berbincang seru tentang CD jagoan yang ada di BandTemenLoe, toko musik milik Cak Hend.

"Ini sih ingetin gue sama Iwan Fals!", seru Cak Hend ketika mengomentari CD Jason Ranti bertajuk 'Akibat Pergaulan Blues'. Walau awalnya Cak Hend sempat mengakui untuk genre Folk, Cak Hend kurang begitu familiar. Namun menyebut Iwan Fals sebagai penanda dalam proses semiosis memaknai lagu-lagu Jason Ranti bukanlah hal yang terbilang ringan. Sebab perlu memiliki horizon pengetahuan yang memadai untuk mengorespondensi satu-satu antara Jason Ranti dengan sang legenda hidup Iwan Fals.

Apa alasan Cak Hend menyebut Iwan Fals ketika mendengar Jason Ranti? Lihat video fullnya ya.