IMSAK

WIB

WITA

WIT

MAGHRIB

WIB

WITA

WIT

IMSAK

WIB

WITA

WIT

MAGHRIB

WIB

WITA

WIT

Tradisi Ramadan Ini Cuma Ada di Indonesia!

Bulan ramadan tentunya membawa berkah bagi seluruh umat muslim di dunia termasuk bagi masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, tradisi-tradisi menyambut ramadan tak pernah dilewatkan oleh masyarakat.

Dari Sabang sampai Merauke memiliki ciri khas sendiri dalam merayakan kedatangan ramadan. Dilansir dari BP-Guide, simak tradisi ramadan unik berikut ini.

1. Nyadran

Tradisi Nyadran menyambut ramadan (Sumber: buddhazine)

Nyadran merupakan tradisi menyambut Ramadhan dari wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kata Nyadran berasal dari kata Sraddha yang berarti keyakinan. Kegiatan ini diwarnai dengan rangkaian upacara dengan cara membersihkan makam, tabur bunga dan acara selamatan atau bancakan.

2. Malamang

Tradisi Malamang di Pariaman (Sumber: zabhie)

Tradisi ini lahir di daerah Pariaman, Sumatera Barat. Malamang adalah tradisi unik menjelang bulan Ramadhan yang digelar atau dilakukan oleh kaum ibu-ibu. Tradisi ini digelar dengan cara bergotongroyong membuat nasi lemang yang diletakkan di ruas bambu yang sudah dipotong-potong. Lalu, setelah jadi, makanan tersebut diantarkan ke rumah mertuanya masing-masing sambil memohon maaf.

3. Balimau

Traidisi Balimau di Minangkabau (Sumber: Tribun)

Ada lagi tradisi unik dari ranah Minangkabau, yakni Balimau. Tradisi Balimau adalah tradisi mandi dengan air limau atau jeruk nipis. Dulu, mandi dengan jeruk nipis bagi orang Minang tujuannya sama dengan mandi dengan sabun, yakni untuk membersihkan sebenar-benarnya diri lahir dan batin agar bisa menyambut bulan Ramadhan dengan bersih dan suci. Tradisi tersebut sudah dilakukan dari zaman penjajahan kolonial Belanda, loh atau sekitar abad ke 19.

4. Nyorog

Tradisi Nyorog dari Betawi (Sumber: Detikone)

Betawi juga punya tradisi unik menyambut bulan Ramadhan. Tradisi tersebut diberi nama Nyorog. Kegiatan Nyorog ditandai dengan pemberian bingkisan dari setiap rumah ke keluarga atau tetangganya. Bingkisan tersebut berupa makanan khas Betawi yang disebut sayur gabung pucung. Gabus Pucung adalah ikan gabus yang digoreng yang kemudian digabungkan dengan berbagai macam rempah-rempah seperti cabe, jahe, kunyit dan lain-lain.

5. Megibung

Tradisi Megibung di Bali (Sumber: Kintamani)

Tradisi unik menyambut lebaran juga ada di Bali, loh. Memang Bali mayoritas adalah pemeluk Hindu, tetapi ada satu kampung yang mayoritas umat Islam, yakni Kampung Islam Kepaon, Karangasem, Bali. Di kampung tersebut ada tradisi yang bernama Megibung, yakni tradisi makan bersama dalam satu jamuan dengan total peserta mulai dari 4 sampai 7 orang.

Beragam sekali ya, Indonesia? Pastinya ada lebih banyak lagi tradisi di tempat lain dalam menyambut ramadan. Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga menjadi berkah.