Tulusnya Pappermoon Puppet Theatre 


Setelah kembali meluncurkan video musik yang berjudul “Manusia Kuat”, Tulus kembali menunjukkan konsistensinya dalam menarasikan visual lagu ciptaannya ini. Bekerja sama dengan sineas muda, Embara Films, Tulus berhasil membuat penonton terkesima dengan cerita yang diilustrasikan oleh kelompok seniman teater boneka asal Yogyakarta, Pappermoon Puppet Theatre.

Menjadi sebuah keuntungan tentunya bagi kelompok seniman yang sempat juga mengisi di salah satu scene film garapan Riri Riza, Ada Apa Dengan Cinta 2. Dalam kesempatan kali ini, Pappermoon Puppet Theatre memiliki kesempatan penuh dalam mengilustrasikan karya lagu Tulus ini. Dalam penggarapannya, kelompok pertunjukkan seni boneka ini menghadirkan sosok anak perempuan kecil yang berhasil melewati ketakutannya melalui bantuan orang-orang tua di sekitarnya, sosok anak kecil sendiri melambangkan sebuah harapan sekaligus kekuataan bagi generasi tua untuk meneruskan serta membangun mimpi mereka, sesuai dengan makna lagu “Manusia Kuat” itu sendiri.

Konsep kolaborasi garapan Tulus tentunya menjadi sarana alternatif untuk kita mengenal serta menikmati pertunjukkan seni di bidang lain, terutama pertunjukkan seni boneka ala Pappermoon yang belakangan ini lebih aktif di panggung-panggung luar negeri. Selain memberikan tontonan yang edukatif, dalam video ini Tulus juga melakukan kampanye untuk mendukung terus karya seni dari dalam negeri. Seperti dalam video sebelumnya, Tulus juga berkolaborasi dengan seniman pertunjukkan asal Solo, Melati Suryodarmo.

Video musik garapan Tulus ini tentunya menjadi sebuah refrensi bagi musisi lainnya untuk bisa membangun sebuah visual lagu dengan cara kreatif dan tidak terlihat biasa saja. Konsep kolaborasi antar seniman ini juga tentunya patut ditiru karena memasukkan unsur seni lain dalam bermusik mampu menjadikkan sebuah karya lagu menjadi kaya akan makna. Dan simak videonya guys !