Underrated Collaboration

Menjamurnya berbagai clothing line pada tahun 1996 cukup membuat kota Bandung menyabet gelar kiblat fashion di Indonesia. Beberapa pionir seperti Unkl347, Ouval Research, Badger dan Cosmic lahir di era ini. Pada kurun waktu 2000-an, bermunculan pula para junior clothing line yang perlahan tapi pasti mendapatkan hati di kota ini. Adalah Maternal Disaster yang muncul pada tahun 2006. Hadir dengan karya seni serius yang dipadukan dengan image dark, Maternal Disaster seolah membawa kesegaran pada setiap produk yang dimilikinya.

Butuh waktu bagi Maternal Disaster dengan konsistensinya untuk mendapatkan tempat di kalangan muda - mudi. Tahun 2014 menjadi masa keemasan nya. Melalui berbagai campaign yang ditawarkan, Maternal Disaster berhasil masuk ke jejeran atas clothing line dari kota Bandung. Pada tahun 2016 – 2017 kemarin, mereka banyak melakukan kolaborasi lintas brand, Band, visual artist dan menciptakan gimmick bagi para penggila-nya. Berikut adalah beberapa kolaborasi Maternal Disaster yang cukup berani hasil rangkuman HANALANA :


1. Maternal Disaster X Bastard of Young : No Morals

Maternal Disaster berkolaborasi dengan Bastard Of Young, sebuah brand sekaligus Webzine yang berfokus pada youth culture di Indonesia. Terinspirasi dari fenomena sexy photo di media sosial yang menimbulkan pro - kontra. Hasilnya ? Koleksi sports bra Maternal Disaster X Bastard of Young yang cukup menyita perhatian. Terlepas dari isu sexism yang terasa cukup kental bagi sebagian orang, kolaborasi ini cukup menghibur. Khususnya ketika product catalogue ini berseliweran di timeline media sosial!


2. Maternal Disaster X Koil

Sejatinya ide kolaborasi ini berasal dari frontman Koil sendiri, Otong yang menginginkan bekerjasama dengan Laudeath, seniman asal Jogja. Koil sebagai garda terdepan industrial / gothic rock sejak 1994 jarang sekali berkolaborasi dalam perilisan merchandise nya. Nostalgia ke era 2008 – 2012, Koil lebih memilih merilis merchandise nya dibawah label God.Inc yang merupakan milik mereka sendiri.


3. Maternal Disaster X Wellborn Company

“Our Character is different, but as the story goes we have something in common: the spirit and energy”. Mengutip kalimat yang tertera pada website mereka, Wellborn dan Maternal Disaster sepertinya cukup jeli melihat keiginan pasar keduanya. Menggaet Iannocent sebagai illustrator artist pada launching party nya, kolaborasi kedua brand ini bisa dibilang merupakan kedewasaan dalam berbagi karakter Rangkuman kolaborasi lintas brand Maternal Disaster bisa dibilang selalu sukses merenggut perhatian pasar. Komentar pro - kontra memang banyak mengikuti perkembangannya. Setidaknya, kolaborasi bisa dilihat sebagai hal yang lebih luas dari sekedar memberi gimmick pada lapak jualan. Lebih dari itu, kolaborasi bisa menjadi ajang menyuarakan atau bahkan menyentil isu yang selama ini masih dianggap tabu.


Photo Source: Maternal Disaster