UnduhGratisdanLegalAlbumBaru‘Parakosmos’dariBottlesmoker

July 26, 2017Qubicle Music
Anggung Suherman alias Angkuy dan Ryan Adzani alias Nobie dari Bottlesmoker merilis album ‘Parakosmos’ lewat Yes No Wave


Bottlesmoker merilis karya baru berisi 10 komposisi segar yang tertuang dalam bingkai album bertajuk Parakosmos. Kata “Parakosmos”menurut Bottlesmoker yang mereka sertakan dalam liner notes diambil dari dua pemaknaan; pertama dari kata Paracosm yang berarti imaginary world dan kedua dari kata Paradoks dan kata Kosmos, berarti semuanya di alam semesta ini memiliki pasangan.

Angkuy dan Nobie mengaku melakukan pendekatan yang berbeda dalam pengerjaan album Parakosmos yang bersentuhan secara intim dengan seni tradisi. Di album ini Bottlesmoker berkolaborasi dengan Palmer Keen, etnomusikolog asal Amerika yang melakukan field recording di banyak wilayah Indonesia untuk merekam kesenian dan alat musik daerah melalui format audio dengan pendekatan etnografi. Melalui proyek Aural Archipelago, Palmer Keen berhasil mengumpulkan arsip dan mendokumentasikan kebudayaan daerah di Indonesia.

Di album ini, Bottlesmoker merespon sebagian hasil dari ekspedisi yang dilakukan oleh Aural Archipelago. Menyerap energi dan nilai dari beberapa ritual keseniannya untuk direspon menjadi sebuah pengalaman baru. Ada dua pendekatan yang dilakukan oleh Bottlesmoker dalam proses kreatif di album ini; pertama, mengadaptasi beberapa motif dan pola permainan musik daerah, seperti motif kendang untuk penulisan beat, hingga motif Tarawangsa untuk penulisan rhythm yang repetitif. Kedua, mengambil rekaman suara bernyanyi solo hingga paduan suara, mulai dari kesenian Beluk di Tasikmalaya hingga Panggaiyang di Sumba Timur yang dijadikan materi vokal utama.

Contohnya di lagu “BEI MAU LOOPS” diambil dari kesenian Bei Mau di Kamanasa, Central Malaka, Belu Regency, Nusa Tenggara Timur. Lalu ada lagu “BA ALUK” diambil dari kesenian Beluk Sawah di Cikeusal, Tasikmalaya. Ada delapan lagu lain dengan lagu kesenian dari daerah lain di Indonesia di album ini.

Parakosmos dari Bottlesmoker ini merupakan rilisan pertama dari seri album menyambut ulang tahun Yes No Wave Music kesepuluh dan sekaligus merayakan Netlabel Day yang jatuh pada tanggal 14 Juli 2017. Unduh gratis dan legal album di tautan berikut: https://bit.ly/2tIHoMC

Album Parakosmos melibatkan produser Dissa Kamajaya. Mixed dan Mastered oleh Dissa Kamajaya. Desainer artwork digarap oleh Isapanicmonsta.

Oleh: Widya. S / Foto: Dok.Bottlesmoker & Commonroom

Like what you read? Give Qubicle Music your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Music

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US