IMSAK

WIB

WITA

WIT

MAGHRIB

WIB

WITA

WIT

IMSAK

WIB

WITA

WIT

MAGHRIB

WIB

WITA

WIT

Yamaha XS Vintage Scrambler Multifungsi

Berawal dari impian dan kenangan, suatu proyek kustomisasi motor yang diidamkan akhirnya berhasil diwujudkan, meskipun bekal awalnya hanya berupa coretan di atas kertas berikut rangka yang sudah karatan.

Foto: Pipeburn

Terinspirasi dari motor scrambler era tahun 70an, Yann dari BCKustoms memulai proyek kustomisasi yang diinginkan oleh kliennya, Vincent seorang pecinta motor yang sudah berusia 60 tahun. “Idenya adalah membangun motor balap yang bisa juga digunakan untuk di jalan raya, bukan sebaliknya. Kami tidak ingin membuat motor jalanan yang dibuat menjadi scrambler, tapi justru ingin membuat motor scrambler yang layak untuk dipakai di jalan raya,” ujar Yann.

Foto: Pipeburn

Pengerjaan dimulai dengan proses sandblasting pada rangka Yamaha XS500 milik Vincent yang dilanjutkan dengan meremajakan seluruh komponen mesin. Setelah itu, tangki milik Mash 400 yang bentuknya membulat, terlihat vintage dan menyerupai motor Husqvarna 400 milik Steve McQueen dipasang untuk proyek ini. Vincent menyambut baik pemilihan tangki tersebut dan segera memilih paduan warna merah dan kuning untuk motor ‘barunya’.

Foto: Pipeburn

Dengan konsep sebagai motor scrambler, sektor kaki-kaki, setang dan knalpot tentu menjadi bagian yang amat penting. Untuk lingkar roda, digunakan pelek ring 18 yang dibalut ban pacul dengan kembangan klasik. Sementara setang dipilih model enduro yang cukup lebar. Sedangkan knalpot dibuat ulang dengan model mengacu dari motor BSA.

Foto: Pipeburn

Beberapa komponen lain yang turut menegaskan motor ini sebagai scrambler tulen yang layak digunakan di jalan raya adalah pemasangan pelat nomor di bagian depan dan samping kiri kanan, lampu depan dan belakang, spakbor, spion dan juga lampu sein yang merupakan komponen aftermarket milik BMW.

Foto: Pipeburn

Well, bisa dibilang, motor satu ini menjadi contoh kongkrit dari sebuah proses kustomisasi yang berjalan sukses dengan modal awal berupa kenangan dan mimpi. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.

Sumber: pipeburn


Facebook : dreamridesqube | Instagram : dreamridesqube