Yayoi Kusama, Ungkap Fakta Unik Tentang Dirinya

Yayoi Kusama, seorang seniman yang terlahir di Matsumoto, Jepang pada tanggal 22 Maret 1929 ini merupakan seorang seniman yang menyukai seni lukis, patung, instalasi, performance art, menulis, membuat film dan juga seorang perancang busana.

Karya-karyanya yang sangat terkenal dari waktu ke waktu diantaranya The Woman (1953) yang menjadi karya pertama yang dipamerkan saat pindah ke New York. Karya ini ia buat dengan cat air di atas media kertas. Narcissus Garden (1966) merupakan karya yang sukses dipamerkan yang digabungkan dengan performing arts, karya ini dipamerkan di Venice Biennale tahun 1966 namun menjadi karya yang tak diundang tetapi mampu membuat heboh acara tersebut saat itu.

Infinity Mirrored Room (foto: blog.feralhorses.co.uk)

Infinity Mirrored RoomThe Souls of Million of Light Years Away (2013) menjadi karya yang fenomenal karena menampilkan sebuah ruangan cermin yang oleh pola-pola titik cahaya berwarna-warni yang tampak luas karena susunan cermin yang sedemikian rupa.

1. Polkadot/Bintik

Yayoi Kusama dan Polkadot (foto: trendland.com)

Kenapa polkadot, Yayoi Kusama sering berhalusinasi yang memunculkan pola berbintik dalam bentuk cahaya, ataupun bentuk padat yang terjadi sejak berumur 10 tahun. Juga gambar bunga yang ada dalam pola kain yang ia lihat tampak hidup, menjadi banyak, dan seperti ingin menyerangnya yang kemudian menjadi hal yang selalu Yayoi bawa dalam setiap karyanya.

2. Pernah Sekolah Seni

Yayoi Kusama (foto: theculturetrip.com)

Belajar seni hanya 1 tahun di Kyoto, City Specialist School of Arts (1948-1949), hal yang membuatnya keluar dari sekolah itu adalah Yayoi merasa frustasi dan bosan dengan seni gaya Jepang yang ia dapatkan. Gaya Eropa dan Amerika yang eksperimental juga inovatif ternyata lebih memikat hatinya.

3. Tanpa Sketsa

Yayoi Kusama berkarya (foto: www.alejandradeargos.com)

Yayoi Kusama saat melukis biasanya tidak membuat sketsa terlebih dahulu pada media lukisnya. Semua inspirasi yang dia dapat bersumber dari pikiran sendiri, sehingga semua ide tertuang pada karyanya itu merupakan pencerminan dirinya dan menjadi style yang hanya dimiliki olehnya seorang.

4. Rumah Sakit Jiwa

Yayoi Kusama (foto: thestockholmreview.blogspot.co.id)

Pernah mendaftarkan diri sendiri pada sebuah rumah sakit jiwa Seiwa pada tahun 1977 untuk menyembuhkan halusinasinya namun ia kemudian menyesalinya karena ternyata itu bukan cara yang tepat untuk hal yang selama ini dia alami. Dekat rumah sakit jiwa yang terletak di Shinjuku, Tokyo ini pula ia membangun sebuah studio miliknya.

5. Tampil Nyentrik

Yayoi Kusama (foto: www.modernamuseet.se)

Berpakaian ala artis dan selalu mengenakan lipstik berwarna merah ketika tampil di depan publik menjadi ciri khasnya dalam berpenampilan, dibalik nyentriknya penampilan seorang Yayoi Kusama itu ternyata menyimpan ketakutan-ketakutan sejak kecil yang menjadi kekuatannya untuk terus bertahan hidup dan terus berkarya.


Jangan lupa juga untuk follow akun sosial media kami di:

IG: @retinaqube

FB: Retinaqube


Source:

Tirto.ID

Wikipedia

Medium

Quora

ArtStory