YourHands, Aksesoris Handmade Asal Bandung yang Kian Bersinar

Perkembangan label mode lokal kian pesat. Para fashion-conscious kini tak lagi hanya ingin mendominasi lemari mereka dengan produk buatan luar negeri, tapi kini mulai melirik, malah cenderung berlomba-lomba memakai karya desainer lokal. Dan ketika berbicara soal fashion, kami menyadari bahwa aksesoris memegang peran penting. Memilih aksesoris yang tepat tak hanya akan membuat tampilan terasa lebih lengkap, tapi juga mampu menunjukkan kekhasan atau personal-style si pemakai.

YourHands. (Foto: dok. istimewa)

Berikut bincang-bincang Qubicle dengan Alissa Amalia, pemilik YourHands, aksesoris handmade dari Bandung yang sedang menjadi sorotan.


Dari sekian banyak sektor di dunia fashion, apa yang membuat kamu lebih memilih aksesoris sebagai bisnis yang ditekuni?

Awal mula mulai terjun ke bisnis aksesoris saat kuliah di semester 4, kebetulan saya kuliah di jurusan Kriya Tekstil dan Mode dan ada mata kuliah studio aksesoris. Nah, dari situlah saya mulai belajar lebih dalam tentang aksesoris baik dari material, teknik hingga berbagai brand aksesoris handmade yang ada di Indonesia. Saya menyadari sepertinya ada ada peluang yang baik di sektor ini. Akhirnya saya pun didukung oleh sekitar saya, termasuk oleh dosen saya, untuk memulai bisnis aksesoris ini di tahun 2014.

YourHands. (Foto: dok. istimewa)


Biasanya darimana datangnya inspirasi untuk menciptakan desain YourHands? Pernahkah merasa kehabisan ide?

Biasanya ketika ada material yang baru saya lihat, saya bisa langsung terbayang desainnya. Selain itu saya juga sering melihat gambar-gambar ilustrasi bunga, karangan bunga atau lukisan bunga. Walaupun bentuknya berbeda jauh dari aksesoris handmade, tapi dari sana saya dapat banyak inspirasi. Bunga itu sesuatu yang cantik dan kompleks, jadi saya ingin buat produk yang seperti itu juga.

Ya, ada hari-hari ketika saya kehabisan ide dan malas mengeksplor hal baru untuk membuat aksesoris handmade. Untuk memperbaikinya, saya ingat-ingat lagi tujuan awal saya dan goal saya.

Siapa desainer jewelry kesukaan kamu? Kenapa?

 Ada 2 desainer aksesoris handmade di Indonesia yang sangat saya kagumi, yang pertama adalah Andi Julianti pemiliknya HoJ dan Amanda pemilik Massicot. Menurut saya mereka wanita Indonesia yang kreatif yang bisa mengembangkan produk aksesoris handmade-nya jauh dari orang lain. Saya pun belajar dari cara mereka, walaupun saya nggak kenal secara personal tapi saya belajar dari bisnis yang mereka kembangkan dan menurut saya apa yang mereka capai bisa menjadi cerminan dan semangat saya untuk menjadi crafter yang lebih baik. Because girls support another girls and I’m proudly to be local crafter! Yeay!

YourHands. (Foto: dok. istimewa)
YourHands. (Foto: dok. istimewa)

YourHands terkenal dengan sentuhan bunga-bunga akrilik. Apakah nantinya memungkinkan akan datang dengan material dan desain lain yang sangat berbeda dari sekarang?

Iya. Doakan, ya. YourHands sekarang sedang mengembangkan material baru. Semoga menjadi sentuhan baru yang tidak menghilangkan ciri khas aksesoris handmade kami sendiri.

Bandung dikenal sebagai kota kreatif. Ada banyak sekali brand lokal yang menarik dan sukses dari Bandung. Apakah ada tantangan dalam berbisnis terkait hal ini?

Ada dong pastinya. Dengan kemajuan teknologi sekarang, menurut saya seseorang semakin dimudahkan. Sarana dan prasarananya sudah sangat mendukung. Tapi di sisi lain, ini bisa jadi tantangan yang sulit juga, karena semakin banyak pesaingnya. Produk yang semakin mudah diakses dan semakin disukai pun juga bisa menyebabkan produk itu mudah ditiru. Tapi ya itu memang bagian dari seni berbisnis. Kalau saya bilang, “nikmati saja dulu jatuh-bangunnya, nggak perlu cepat-cepat ingin jadi yang teratas.” Pemikiran ini yang membantu saya melewati banyak tantangan.

YourHands. (Foto: dok. istimewa)

Bagaimana kamu melihat perkembangan fashion di Indonesia?

Wah, sudah berkembang sangat jauh. Saya senang dengan perkembangan ini. Semakin banyak orang yang sudah mengapresiasi brand lokal dan bangga pakai produk lokal. Saya sebagai crafter dan owner dari brand aksesoris handmade, merasa sangat diapresiasi.

Apa saja rencana untuk Yourhands ke depannya?Rencana terdekat ini kami ingin melakukan pengembangan produk, yang awalnya dari jewelry kami kembangkan ke sepatu. Nantinya dari sepatu kami akan kembangkan lagi ke tas dan pakaian. Saya inginnya YourHands bisa dikenali kepribadian dan signature style-nya oleh semua orang mulai dari kepala hingga kaki. Mohon doanya ya, semoga ini lancar dan kami bisa buat studio yang menampilkan semuanya.


Penulis: Poppy Septia