5SitusBawahLautIndahUntukDikunjungi

September 20, 2019Qubicle Travel
Kabar tentang negeri di atas awan mungkin sedang santer terdengar. Namun. situs bawah laut ini tidak kalah indah untuk dikunjungi.

Kabar tentang negeri di atas awan mungkin sedang santer terdengar di kuping kalian. Nggak sedikit yang berkeinginan untuk datang dan menikmati lokasi yang terletak di Gunung Luhur, Lebak Banten tersebut. Namun, apa jadinya kalau ditawarkan untuk menikmati keindahan negeri di bawah laut? Pasti sensasinya akan jauh berbada. Selalu ada kesan misterius dari laut yang dalam, bahkan banyak yang merasakan hal itu sebagai phobia yang menurut mereka cukup mengerikan. Serunya, nggak jarang juga yang berminat untuk menjelajahi tempat itu. Kalau kamu salah satunya, berikut situs bawah laut indah yang seru untuk kamu nikmati

Ptolemaic Royal Palace – Mesir

Menurut sejarah, Istana Cleopatra ini tenggelam akibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi beberapa abad setelah kematiannya. Situs ini menghilang selama kurang lebih 1600 tahun lamanya sebelum akhirnya ditemukan lagi dalam sebuah ekspedisi. Terdapat artefak mengaggumkan peninggalan Cleopatra, seperti patung Sphinx, hingga pilar-pilar sisa reruntuhan kerajaan tersebut. Tidak sampai di situ, kamu juga bisa menikmati biota laut yang kini meninggali lokasi tersebut.

Cancun Underwater Museum – Mexico

Pernah melihat foto patung di bawah laut bertebaran di internet? Ternyata itu adalah segelintir gamabaran dari Cancun Underwater Museum di Mexico. Patung-patung ini dibuat oleh seorang seniman, yaitu Jason de Ciares Taylor dan memang dibuat ramah lingkungan sehingga nantinya bisa menjadi tempat tinggal biota laut. Jika berkunjung ke sana, kamu juga bisa menikmati keindahan trumbu karang yang ada di sekitarnya menggunakan kapal maupun dengan menyelam.

Port Royal – Jamaica

Pada masanya, Port Royal lebih familiar sebagai markas persinggahan bajak laut. Lokasinya terletak di Kingston Harbor dan dikenal sebgai kota ternakal di dunia akibat penduduknya yang tidak bermoral. Para bajak laut ini pun menghabiskan harta mereka di kota ini setelah menyerang kapal dari negara lain. Hingga akhirnya kota ini ‘terkena azab’ pada 7 Juni 1692 oleh gempa bumi dahsyat dan akhirnya tenggelam di 7 meter lebih di bawah permukaan Laut Karibia. Saat menyelam di sekitar sini, kamu bisa melihat sisa-sisa peninggalan kota itu seperti bar dan dermaga.

Neptune Memorial Reef – Florida, USA

Neptune Memorial Reef sebetulnya adalah pemakaman bawah laut buatan yang didirikan oleh Gary Levine dan seniman Kim Brandell. Namun, mereka memberikan sentuhan unik dengan mengangkat tema kota Atlantis yang hilang. Untuk ‘nyekar’, keluarga bisa menyelam sembari menikmati keindahan bawah laut di sini. Bukan hanya itu, jika hanya ingin berwisata kamu juga diperbolehkan untuk menikmati seni bawah laut di Neptune Memorial Reef ini.

Pavlopetri – Yunani

Pavlopetri merupakan kota tertua yang tenggelam di dunia yaitu berumur 5000 tahun. Letaknya di Laut Laconia, Yunani dan masih akan bisa ditemui sisa kehidupan di sana. Salah satunya adalah reruntuhan dan bekas jalan serta makam. Pavlopetri sendiri dilindungi oleh UNESCO sebagai peninggalan bawah laut berupa situs kuno.    

photo cover & thumbnail: Laura Gdc

oleh: Ayunda

Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US