Around:PujonKidul,PotretDesaWisataMasaKini

January 10, 2019Qubicle Travel
Pujon Kidul bergerak menjadi sebuah desa wisata mandiri. Lapisan masyarakat termasuk pemuda di sana ikut berperan demi kemajuan desa

Desa Pujon Kidul merupakan sebuah desa wisata yang berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Buat yang nggak familiar sama desa yang satu ini, Desa ini posisinya nggak jauh dari Kota Batu, Malang. Desa Pujon Kidul baru aja menjadi primadona karena mendapatkan sebuah penghargaan dari Kementerian Pariwisata yaitu Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) tahun 2018. Bahkan Presiden Joko Widodo juga memuji keindahan Desa wisata ini. "Sudah lama warga Desa Pujon Kidul memendam impian melihat desa mereka hidup dan semarak sebagai desa wisata. Bentang alamnya indah, gunung, hamparan sawah, sungai, air terjun juga kearifan budaya, sungguh sayang jika tak memberi manfaat bagi masyarakat desa," sebut Jokowi dalam akun facebook miliknya.

Penasaran dengan Desa wisata Pujon Kidul akhirnya kami memutuskan untuk berangkat ke sana. Perjalanan kami di mulai di Bandara Abdul Rachman Saleh. Dari Bandara, Perjalanan kami tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Sampai di Desa Pujon Kidul, kami disambut oleh Mas Fidi yang merupakan pemuda desa yang memang sebelumnya kami sudah bikin janji untuk ketemuan di desa wisata Pujon Kidul. Saat itu kondisi desa sedang ramai dikunjungi rombongan wisatawan, di saat itu pula Mas Fidi sibuk mengorganisir pemuda lainnya untuk memenuhi segala macam hal demi menyenangkan para tamu yang datang.

Mas Fidi adalah pemuda asli desa yang dulu sempat merantau ke Jakarta. Tapi akhirnya Mas Fidi kembali ke desa karena merasa terpanggil untuk membangun desanya dan ingin ikut terlibat dalam pembangungan desa wisata. “Kalau dipikir-pikir ngapain saya harus ke kota, padahal di desa ini banyak juga pekerjaan”, kata Mas Fidi. Lain lagi dengan Mas Ilham, seorang pemuda asli Desa Pujon Kidul yang pernah berkiprah sebagai pemain sepak bola professional, saat kami temui dengan sedikit berfilosofis Mas Ilham sempat menyesal kenapa ia harus pergi jauh-jauh ke kota sedangkan di desanya sendiri banyak hal yang bisa ia kerjakan, “Alhamdulillah, kalau dulu para petani menunggu hasil panen untuk belanja dan menghabiskan uangnya di kota, sekarang banyak orang kota yang menunggu gaji dan menghabiskan uangnya di desa kami.”

Banyak wahana-wahana yang bisa kita nikmati di desa wisata, mulai dari berkeliling desa dengan ATV dan motor trail, wisata agraria, belajar memerah susu sapi, berkeliling dengan kuda, dan ditutup dengan chill di Café Sawah. Di sini kami bisa bermalam di rumah-rumah warga yang memang sengaja disewakan. Bisa juga bermalam di Kota Batu tapi agak jauh sih. Makanan dan minuman banyak yang jual, jadi jangan takut kelaperan ya.

Terus terang sih kami kagum dengan desa wisata ini, selain pembangunan fisik ternyata pembangunan mental sumber daya manusianya juga sangat jelas terlihat. Terbukti dengan struktur yang rapi, para pelaku pariwisata di Desa Pujon Kidul juga terintegrasi satu dengan yang lainnya. Semua masyarakat khususnya para pemuda benar-benar bersinergi untuk kemajuan desanya. Mereka nggak lagi bercita-cita merantau jauh meninggalkan kota dan sukses di luar sana, mereka kini bersatu-padu untuk membangun desanya untuk kemajuan bersama.



Oleh: Adit Kurniawan & Elang Muhammad


Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US