BerkunjungKeTempatPemakamanIndahdiIndonesia

October 31, 2019Qubicle Travel
Tidak ada ada unsur klenik dan horror di sini, hanya saja mencoba untuk menikmati pemandangan dan menghirup udara di tempat pemakaman indah.

Di hari Halloween yang cerah ini, mungkin kamu ingin merayakannnya dengan sedikit berbeda. Tentu saja bukan dengan berpesta kostum sampai pagi dan berusaha terlihat seram, atau melakukan ritual-ritual aneh yang bertujuan untuk memanggil entitas yang tidak perlu dipanggil. Mengunjungi tempat pemakaman indah bisa menjadi salah satu kegiatan seru untuk dilakukan saat hari Halloween tiba. Tidak ada ada unsur klenik dan horror di sini, hanya saja mencoba untuk menghabiskan hari sambil menikmati pemandangan dan menghirup udara segar namun dengan sedikit latar yang berbeda. Tapi, apakah di Indonesia ada tempat yang terlihat seperti itu? Tentu saja ada, kalau tidak percaya coba lihat rekomendasi kami di bawah ini.

Heaven Memorial Park, Cariu 

photo: picdeer.org

Jujur, pertama kali mengetahui tempat ini saat salah satu dari penulis kami ditugaskan untuk KKN di daerah Tanjungsari. Saat senggang, salah satu penulis kami menyempatkan diri untuk mengunjungi lokasi ini untuk sekedar berkeliling. Nama pemakaman ini sebelumnya adalah Taman Makam Quiling sebelum akhirnya diubah menjadi Heaven Memorial Park dan merupakan makam untuk etnis Tionghoa. Lokasi makam benar-benar damai, tidak ada kesan mistis sama sekali dan udaranya segar karena cukup rindang dan dikelilingi oleh pegunungan. Tempat pemakman ini juga tertata sangat rapi dan ada penjaga yang senantiasa memperhatikan kebersihan lokasi ini.

Namun, akses yang kami tempuh ke lokasi ini cukup challenging karena masih merupakan jalan berkelok dengan tanah merah yang merupakan jalur truk penambang pasir. Mungkin ada jalur masuk lainnya yang lebih proper untuk para pengunjung maupun yang pengguna lahan pemakaman ini untuk dilalui. Hanya saja dengan pemandangan yang didapat semua keresahan itu seperti terbayarkan dengan kondisi ‘zen’di sana. 

Ereveld, Menteng Pulo

photo: wikipedia

Kalau sebelumnya terletar di pegunungan, pemakaman indah ini terletak di tengah hiruk pikik perkotaan. Taman pemakaman ini sebenarnya merupakan makam kehormatan Belanda yang dikhususkan untuk para perwira penjajahan. Bahkan, belum banyak yang mengetahui keindahan pemakaman Ereveld ini yang memiliki khas pemandangan kontrastifnya, yakni lahan pemakaman yang terhampar dengan latar gedung pencakar langit. Selain itu ada beberapa gereja di dalam makam yang menambah keunikan dan juga ada ratusan guci abu yang disimpan di Columbarium

Museum Taman Pasasti, Tanah Abang  

Selain Ereveld, ada juga pemakaman indah di Jakarta yang namanya sudah lebih jauh santer terdengar. Museum Taman Prasasti adalah pemakaman Belanda yang juga unik dengan patung-patung khas Eropa-nya. Bukan hanya itu, ada juga beberapa makam orang berpengaruh lainnya, salah satunya Soe Hok Gie. Taman pemakaman ini pun dinobatkan sebagai musem dan juga tempat untuk berwisata.

Benar kan, ada pemakaman yang indah di Indonesia. Walaupun bisa dikunjungi sebagai tempat berwisata, namun kamu tetap harus berprilaku sopan saat melihat keindahan makam-makam tersebut untuk menghormati tempat peristirahatan ini dan jangan sampai mengganggu ketenangan. Jangan lupa juga untuk mengikuti peraturan dan tradisi yang ada. Selamat bereksplorasi!    

photo cover & thumbnail: Stephanie Klepacki

Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US