MengunjungiDanauBeracunYangMemukau

October 28, 2019Qubicle Travel
Salah satu tempat wisata yang tidak biasa untuk dikunjungi adalah danau beracun. Berikut beberapa lokasinya di bawah ini.

Bagi sebagian orang mengunjungi tempat-tempat yang tidak biasa merupakan bagian dari bucket list mereka. Bagaiamana tidak? Terkadang penglaman berlibur ke tempat-tempat teresebut jauh lebih bermakna dan tidak terlupakan, dibandingkan saat mengunjungi tempat liburan biasa. Salah satu tempat wisata yang tidak biasa untuk dikunjungi adalah danau beracun. Letaknya tersebar di seluruh penjuru dunia dan alasan beracunnya pun cukup beragam. Kalau penasaran, yuk simak ulasan berikut.

Lake Natron

Lake Natron yang terletak di Tanzania, Afrika merupakan salah satu danau beracun di dunia. Warnanya kemerahan dan terlihat bercorak tampat tidak wajar, namun tetap memukau. Danau ini mengandung sodium karbonat dekahidrat atau soda abu dan sodium bikarbonat atau baking soda. Kandungan inilah yang seringkali mengeraskan burung dan kelelawar. Bahkan, pada musim kering, pH danau ini bisa bertambah hingga 10.5, lho. Uniknya, masih ada beberapa spesies yang bisa hidup di danau ini seperti beberapa jenis ikan dan burung.

Lake Karachay

Berbicara tentang danau beracun, pasti tidak pernah luput dari Lake Karachay. Lake Karachay terletak di Rusia, tepatnya di pegunungan Ural. Danau ini pun beracun semenjak menjadi tempat pembuangan limbah oleh pabrik senjata nuklir Uni Soviet di masa lampau. Ya, Lake Karachay ini dikelilingi oleh Mayak, yang merupakan produsen plutonium lokal terbesar di Rusia. Danau ini terhubung dengan jalur pembuangan limbah nuklir Mayak yang mengandung bahan-bahan radioaktif, menyebabkan lebih dari meningkatnya 21% kasus kanker, 25% cacat lahir dan leukimia hingga 41% di sekitar wilayahnya. Tentu saja kamu tidak disarankan untuk berenang di sana, karena tingkat radiasinya bisa mematikan dalam waktu satu jam saja.

Lake Kivu

Satu lagi danau beracun yang terletak di benua Afrika, tepatnya di antara Kongo dan Rwanda. Sebenarnya Lake Kivu ini adalah danau air tawar yang terbentuk karena aktivitas vulkanik. Pemandangan di sekitarnya pun indah, sangat cocok untuk berwisata. Namun, lokasi ini memiliki kondisi lingkungan yang kurang seimbang. Air di Lake Kivu mengandung gas metan dan karbon dioksida, membuat danau beracun ini berada di level bahaya karena sewaktu-waktu dapat mengakibatkan ledakan yang mengancam masyarakat sekitar. Untuk itu, dibangun alat untuk mengambil gas metan dan digunakan untuk keperluan lain, salah satunya sebagai bahan bakar untuk mendidihkan di tempat pembuatan bir Bralirwa.

Bellandur Lake

Danau beracun merupakan salah satunya yang terletak di Asia, yaitu di India. Dahulu, Bellandur Lake berfungsi sebagai landasan landing pesawat amfibi pada masa penjajahan Inggris. Akibat efek urbanisasi dan pembuangan limbah rumah tangga yang berlebihan, Bellandur Lake memiliki air dengan kondisi sangat terpolusi, hingga titik airnya sangat berbusa dan bisa terbakar. Bahkan busa yang ada di danau ini pun sangat banyak hingga meluap ke jembatan dan jalan-jalan yang ada di sekitarnya. Kondisi ini tentu tidak kalah membahayakan masyarakat hingga pemerintah mulai mengundang para ahli dari manca negara untuk menyelesaikan masalah ini.

photo thumbnail & cover: Stephen Leonardi


Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US