MengunjungiTempatWisataDiLokasiKKNDesaPenari

September 02, 2019Qubicle Travel
Ternyata ada banyak tempat wisata yang menarik di sekitar Lokasi KKN Desa Penari.

Belum lama jagat internet dihebohkan dengan cerita sebuah akun anonim tentang KKN di Desa Penari. Walaupun sudah ditulis sekitar dua bulan lalu, cerita ini masih terus menarik perhatian banyak orang yang penasaran akan kebenaran adanya desa ini. Bahkan ada pula yang sampai memutuskan untuk menjadi ‘detektif dadakan’ dan melakukan ‘cocoklogi’ demi menemukan di mana sebenarnya lokasi desa ini. Beberapa lokasi pun menjadi kandidat yang cukup kuat. Salah satunya adalah Desa Kalibaru, Dusun Wonorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Lokasi yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa ini diduga kuat untuk menjadi lokasi KKN Desa Penari yang sebenarnya karena ada beberapa ciri-ciri tempat yang dideskripsikan dan mirip. Namun, setelah dikonfirmasi kepada warga sekitar, mereka menyangkal jika ada kejadian serupa menyangkut KKN mahasiswa yang berakhir kurang mengenakkan. Tapi, ternyata di sekitar lokasi tersebut ada banyak titik berwisata yang cukup menjadi daya tarik bagi para pecinta traveling. Daripada tidak ketemu mencari lokasi KKN Desa Penari, berikut kami rangkum beberapa tempat wisata sekitar lainnya yang tidak kalah indah untuk dikunjungi.

Gunung Raung

Merasa tertantang dengan mendaki gunung? Coba capai puncak tertinggi ke empat Pulau Jawa, yaitu Gunung Raung. Untuk masuk ke Gunung Raung, kita bisa melewati Kalibaru atau yang diduga sebagai Lokasi KKN Desa Penari. Dibutuhkan skill yang cukup mumpuni jika ingin menaklukan gunung ini, karena kemampuan survival dan pemakaian alat bantu dalam mendaki gunung harus benar-benar matang. Di sini pendakian membutuhkan skill dengan menggunakan tali untuk mencapai puncak Sejati. Oleh karena itu, disarankan sebelum mendaki Raung untuk sudah khatam dulu dengan destinasi pendakian favorit seperti Rinjani, Semeru atau Kerinci.

Air Terjun Tirto Kemanten

Air Terjun Tirto Kemanten terletak di Dusun Wonorejo, Kota Kalibaruwetan, Banyuwangi. Terletak di sekitar terduga Lokasi KKN Desa Penari, Air terjun ini juga biasa disebut dengan Air Terjun Wonorejo. Tempat ini terbilang ‘hidden jewel’, terletak di kaki Gunung Raung, jalan masuk menuju lokasi ini cukup jauh dan susah dilalui. Namun, sesampainya di sana kita akan disuguhkan dengan pemandangan alami dari air terjun kembar nan indah dan alam sekitar yang akan memanjakan mata. Kita juga bisa berendam di sekitar lokasi air terjun ini.

Jawatan Benculuk

Tidak perlu mencari nuansa mistik di Lokasi KKN Desa Penari, karisma Jawatan Benculuk cukup memikat bagaikan lokasi syuting trilogi ‘Lord of The Rings’ yang penuh enigma. Walaupun pada awalnya tempat ini dibangun dengan tujuan sebagai resapan air dan tempat penimbunan kayu jati oleh Perhutani Banyuwangi, kini fungsinya lebih terkenal sebagai tempat wisata atau sekedar berolahraga. Di lokasi ini, kita bisa menikmati rindangnya jajaran pohon trembesi yang membentuk suatu pola khas. Sayang sekali jika tidak mengabadikan momen ‘aesthetic’ di lokasi yang cukup instagrammable seperti ini.

Puncak Asmoro

Ingin melihat Selat Bali langsung dari Pulau Jawa? Puncak Asmoro adalah tempatnya. Terletak sekitar 13 KM jika ditempuh dari Banyuwangi, tempat ini bisa menjadi lokasi strategis untuk melihat keindahan sekaligus aktivitas transportasi di Selat Bali. Bukan hanya itu, lokasi sekitarnya di sudut yang berbeda juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Puncak Asmoro. Salah satunya adalah pemandangan beberapa gunung disekelilingnya, seperti Gunung Raung dan Merapi yang megah berdiri. Di sekitar kawasan Punca Asmoro juga terdapat beberapa titik unik yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik feed, kebun bunga matahari misalnya. Waktu terbaik untuk menikmati tempat wisata ini adalah di pagi hari sembari menikmati sunset.

Pantai Pulau Merah

Bergeser sedikit kearah utara, Pantai Pulau Merah bisa menjadi destinasi wisata eksotis yang bisa dikunjungi. Walaupun banyak pantai yang mengelilingi Banyuwangi, pesona Pantai Pulau Merah tetap paling favorit bagi para wisatawan. Bukan tanpa alasan, namanya berasal dari warna pasirnya yang terkadang terlihat pink kemerahan di saat-saat tertentu. Di pantai ini kamu bisa menikmati berbagai macam kegiatan olahraga air seperti snorkelling dan surfing, atau kamu juga bisa sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan pantai.

Kawah Ijen

Masih terletak di Banyuwaing, Kawah Ijen masih menjadi salah satu lokasi favorit untuk dikunjungi para wisatawan. Bagaimana tidak? Keunikannya sendiri yang beda dari kawah-kawah lainnya membuat penasaran banyak orang yang belum mengunjunginya. Kawah ini sendiri bersifat asam dan merupakan yang terbesar di dunia. Keunikan lainnya adalah api biru abadi yang hanya bisa dilihat saat hari gelap, oleh karena itu waktu pendakian terbaik untuk melihat fenomena alam ini adalah mulai dari dibukanya kawasan ini pada jam 2 pagi hingga jam 4 subuh.

Itu dia beberapa tempat wisata yang terletak di kawasan yang terduga menjadi Lokasi KKN Desa Penari. Walaupun lokasi pastinya tidak ketemu-ketemu, tapi tempat-tempat wisata yang indah nan karismatik ini tentu dapat memuaskan keinginan untuk menjelajah. Pastikan juga untuk mencatatnya dalam bucket list saat berwisata ke Banyuwangi. 

photo cover & thumbnail: Rafif Prawira

oleh: Ayunda Sabrina

Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US