PentingnyaPeranHutanAmazonUntukDunia

August 26, 2019Qubicle Travel
Peran hutan Amazon ternyata sangat penting untuk dunia, sayangnya saat ini hutan Amazon tengah dilanda kebakaran yang besar.

Dampak deforestasi dan kekeringan yang melanda hutan Amazon sudah tidak terelakkan lagi. Sebanyak 80% wilayah terbakar dan menyebabkan kabut asap yang begitu gelap pada kota-kota di sekitarnya, seperti Sao Paulo. Tentu hal ini menjadi awal kerugian bagi banyak pihak, terlebih lahan yang terbakar terus meluas. Mungkin sebagian orang belum sadar betapa pentingnya peran hutan Amazon untuk dunia.

Sekedar mengingatkan, hutan Amazon merupakan paru-paru dunia yang menyerap sebagian besar emisi gas untuk kemudian menggantinya dengan udara yang lebih segar. Tidak terbayang bukan apa jadinya kalau hutan ini benar-benar habis terbakar? Untuk mengingatkan lagi betapa pentingnya peran hutan Amazon di dunia ini, kami akan bahas beberapa peran yang sudah dilakukan oleh paru-paru dunia selama ini.

Hutan Amazon Menyimpan Setengah Dari Keanekaragaman Hayati Dunia 

photo by: Kelly Lund

Sudah bukan rahasia lagi kalau hutan Amazon memiliki biodiversitas yang sangat kaya. Bagaimana tidak? Hutan ini menyimpan 40,000 jenis tanaman yang tumbuh dan menyuburkan ekosistem Amazon. Spesies hewan yang tinggal pun tidak sedikit jumlahnya, mulai dari 2,5 juta jenis serangga, 3,000 jenis ikan, 1,300 jenis burung, sampai 430 jenis mamalia hidup berdampingan di ekosistem hutan Amazon. Tak hanya itu, tanaman yang dapat menjadi Tentu peran hutan Amazon sangat dibutuhkan untuk menjadi lahan bagi biodiversitas yang jumlahnya berlimpah tersebut, bahkan jumlahnya mencapai setengah keanekaragaman hayati di dunia. Sayangnya, semenjak kebakaran di hutan Amazon terjadi lebih dari 137 spesies punah setiap harinya.

Hutan Amazon Memproduksi 20% Oksigen untuk Dunia

photo by: Jakub Gorajek

Lantaran jumlah vegetasi yang begitu besar dan beragam di hutan Amazon, perannya sebagai paru-paru dunia tidak bisa terelakkan. Bahkan, saking rimbunnya lantai hutan Amazon pun selalu gelap dan dibutuhkan 10 menit bagi air hujan untuk kembali diserap.

Tebalnya hutan Amazon juga dapat menjadi filter bagi produksi karbon dioksida yang berlebihan di dunia, kemudian menggantikannya dengan kebutuhan oksigen yang kita perlukan sebanyak 20%. Itu sebabnya kebakaran hutan sangat mempengaruhi peran hutan Amazon sebagai produsen oksigen dunia.

Hutan Amazon Menjadi Rumah Bagi Banyak Suku

photo by: Surya Prakosa

Bukan hanya rumah bagi hewan dan tumbuhan, peran hutan Amazon juga menjadi rumah bagi jutaan jiwa suku pedalaman. Menurut penelitian, terdapat 2,7 juta jiwa yang merupakan suku asli Amazon dan terdiri dari 350 etnis yang 60 suku diantaranya masih belum tersentuh peradaban. Walaupun saat ini kondisi hutan Amazon tengah terbakar, suku penghuni hutan ini masih memilih untuk tetap tinggal dan berjuang untuk mempertahankan hutan Amazon. Di satu sisi, presiden Brazil, Bolsonaro tetap memberikan izin untuk deforestasi dan pembukaan lahan secara besar-besaran di hutan Amazon dan mengalihfungsikannya untuk memperluas perekonomian.

Hutan Amazon Mengalirkan 55 Juta Galon Air Bersih Setiap Detiknya

photo by: Tom Wheatley

Sungai amazon yang menjadi rumah bagi beraneka ragam spesies ikan ini ternyata juga menjadi kontributor air besih setiap detiknya yang mengalir ke Samudera Atlantik. Itu sebabnya banyak sekali sukup pedalaman yang mengandalkan sumber air dari sungai ini. Tidak terbayang bila air bersih ini dicemari oleh limbah dan abu dari hutan yang terbakar, maka sumber air bersih ini pun akan ikut terganggu. Bukan hanya itu, sejak dulu penghuni hutan Amazon pun mengandalkan sungai ini sebagai jalur transportasi untuk mengekspor dan mengimpor logistik.

Hutan Amazon Yang Terbakar Dapat Mempengaruhi Perubahan Iklim Dunia

photo by: Cristofer Jeschke

Saking banyaknya peran hutan Amazon dalam segala sector kehidupan, kebakaran yang disebabkan oleh maraknya penebangan dan juga kemarau ini ikut mengancam kita semua. Kebakarannya sendiri menghasilkan 30% emisi karbon di dunia. Jika lahan hutan Amazon terus terbakar, tentunya akan mempengaruhi perubahan drastis pada iklim global. Bencana seperti kekeringan bahkan banjir ditakutkan akan terjadi dan menyebabkan masalah baru. Dengan terbakarnya paru-paru dunia dengan peran sebesar hutan Amazon, tentunya dampak yang dirasakan akan sampai hingga skala global. Satu-satunya cara untuk mencegah hal ini adalah dengan tetap menjaga lingkungan dan menyebarkan kesadaran tentang pentingnya peran hutan Amazon, bukan hanya bagi rakyat sekitarnya namun juga untuk dunia.

photo cover & thumbnail: Nathalia Segato

oleh: Ayunda Sabrina

Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US