RekomendasiTempatWisatadiKalimantanTimur

August 29, 2019Qubicle Travel
Sebentar lagi Indonesia akan pindah lokasi ibu kota ke Kalimantan Timur. Kira-kira apa saja tempat wisata di Kalimantan Timur yang menarik?

Sebentar lagi Indonesia akan pindah lokasi ibu kota ke Kalimantan Timur. Beragam persiapan dan perencanaan sudah mulai dipertimbangkan oleh pemerintah. Kalimantan Timur sendiri dipilih karena merupakan lokasi yang ideal untuk memulai pusat pemerintahan. Selain karena Kalimantan Timur punya lokasi strategis yang mudah untuk dihampiri, lokasi ini juga memenuhi beberapa kriteria lainnya yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah ibu kota.

Tidak hanya itu, Pulau Kalimantan sendiri memiliki keindahan yang dapat menarik perhatian para wisatawan. Sayang sekali rasanya jika para “transmigran”yang nantinya akan menempati Kalimantan tidak berkunjung dan menikmati keindahan lokasi ini. Kira-kira apa saja tempat wisata di Kalimantan Timur yang menarik untuk dikunjungi? Rangkumannya kami tulis di sini.

Menikmati Hijaunya Taman Nasional Kutai

Bosan dengan hiruk pikuk kota? Taman Nasional Kutai (TNK) bisa menjadi pilihat tempat wisata di Kalimantan Timur yang tepat untuk kamu kunjungi sesampainya di sini. Di TNK kamu bisa menikmati nuansa hutan hujan tropis yang sejuk dengan pepohonan seperti Cemara Laut, Tanaman Bakau dan macam-macam Anggrek dengan tipe vegetasi utama hutan pantai. Selain itu, kamu juga bisa bertemu aneka hewan, seperti Bangau Tong-Tong, Beruang Madu, Burung Beo, dan masih banyak lagi. Ada juga spot jembatan gantung yang ikonik dan bisa kamu pilih sebagai tempat berfoto.

Labuan Cermin Yang Menghipnotis

Labuan Cermin adalah tempat wisata di Kalimantan Timur yang berada di Labuan Kelambu, Kabupaten Berau. Lokasi ini berbentuk danau dan merupakan tempat bertemunya air laut dan air tawar. Daya tariknya ada pada kejernihan airnya hingga bisa dikatakan seperti “cermin”. Untuk menikmati tempat wisata ini kamu disarankan untuk meluangkan waktu seharian agar puas bersantai sambil berenang dan menikmati keindahan Labuan Cermin. Waktu terbaik untuk mengunjungi Labuan Cermin adalah siang hari ketika matahari masih cukup terang. Dengan begitu, kamu bisa menikmati Labuan Cermin dengan keindahan maksimal dan mengabadikannya hingga teman-temanmu mengira kamu baru saja pergi ke khayangan.

Batu Dinding Replika Tembok Besar Cina

Pernah melihat Tembok Besar Cina di ensiklopedia maupun televisi? Batu Dining, tempat wisata di Kalimantan Timur yang tepatnya terletak di Kecamatan Samboja adalah lokasi dupe-nya. Kira-kira gambarannya seperti hutan yang dikelilingi bebatuan yang timbul ditengah hijaunya hutan. Lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan dan memang ada jasa guide lokal yang bisa kamu gunakan pada saat berkunjung kesana, sehingga tidak perlu takut tersasar.

Danau Jempang Dengan Kearifan Lokalnya

Tempat wisata di Kalimantan Timur ini memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, tiap kali musim kering tiba Danau Jempang yang terletak di aliran Sungai Mahakam akan mongering dan memberikan pemandangan menyihir bagaikan di gurun pasir. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menikmati Danau Jempang selagi masih digenangi dengan mengendarai perahu. Daya tariknya ada pada kehidupan warga disekitarnya yang masih cukup tradisional. Di sekitar Danau Jempang juga tumbuh berbagai macam tumbuhan yang membuatnya terlihat asri.

photo cover & thumbnail by: Víctor Vázquez

oleh: Ayunda Sabrina

Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US