SebelumMudikPakaiTolTransJawa,KamuHarusTahuIni

May 17, 2019Qubicle Travel
Mulai dari aturan rekayasa lalu lintas sampai persiapan kendaraan, ada baiknya kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum berangkat mudik.


Musim libur sebentar lagi. Masyarakat bersiap menuju kampung halaman untuk merayakan lebaran sambil menikmati momen kebersamaan dengan keluarga masing-masing. Dari riset yang dilakukan oleh Balitbang Kemenhub, diperkirakan 14.901.468 juta warga Jabodetabek akan mudik di tahun ini dari total penduduk sebanyak 33.759.549 orang. Kalau kita lihat dari data tersebut, hampir setengah penduduk Jabodetabek akan mudik di tahun ini.

Momen mudik tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Infrastruktur yang sudah rampung seperti tol Trans Jawa akan jadi pengalaman baru bagi para pemudik. Total panjang tol Trans Jawa mencapai 1.167 Km. Jangan sampai kalian kelabakan sendiri ketika mencoba tol yang menghubungkan Merak hingga Probolinggo ini. Ada beberapa hal yang harus kalian siapkan sebelum melakukan perjalanan mudik ini.

Aturan Sistem Satu Arah

Hal pertama yang harus kalian ketahui di momen mudik lebaran tahun ini adalah pemerintah telah resmi akan memberlakukan sistem satu arah di ruas Tol Trans Jawa. Sistem satu arah ini hanya untuk arus mudik mulai dari Cikarang Utama hingga Brebes Barat (Km 262). Kebijakan ini akan berlangsung dari 30 Mei hingga 2 Juni.

Isi Saldo Uang Elektronik

Pastikan saldo di e-money kalian cukup sesuai destinasi yang akan dituju. Sebagai informasi, tarif termahal yang berlaku di tol Trans Jawa yaitu ada pada Merak-Probolinggo sebesar Rp 775.500. Sebagai tambahan kami akan berikan tarif tol dari Jakarta menuju ke beberapa tempat tujuan.

Jakarta - Probolinggo Rp 727.500

Jakarta - Cirebon (Via GT Kanci) Rp 144.000

Jakarta - Cirebon (Via GT Palimanan) Rp 132.000

Jakarta - Semarang Rp 349.500

Jakarta - Solo Rp 426.500

Jakarta - Surabaya Rp 575.500

Jakarta - Pasuruan (Grati) Rp 727.500

Jakarta - Merak (Via JORR) Rp 63.000

Pengemudi Sehat dan Siapkan Cadangan

Banyaknya pemudik yang ingin menggunakan tol Trans Jawa pastinya akan membuat jalanan menjadi lebih padat. Pengemudi harus punya fisik dan mental yang kuat. Jangan gampang stres dan harus bisa berkonsentrasi dengan maksimal. Cukup tidur dan cukup makan jadi poin penting untuk pengemudi. Dan yang tidak kalah penting siapkan juga pengemudi cadangan, agar bisa bergantian jika pengemudi utama kelelahan.

Kondisi Kendaraan yang Prima

Menempuh perjalanan jauh dibutuhkan pula kendaraan yang prima. Misalnya jangan isi kendaraan dengan muatan berlebih, bisa jadi mobil mengalami kendala akibat beban yang berlebih. Selalu jaga kecepatan kendaraan dan jangan sampai melewati batas yang ditentukan. Dan terakhir yang tidak kalah penting yaitu jangan lupa buat isi full bahan bakar, jangan sampai kehabisan di tengah jalan.

Namun untuk para pengguna Mitsubishi Xpander sepertinya hal seperti ini tidak perlu dikhawatirkan. Termasuk dalam kategori small MPV, konsumsi bbm Xpander terbilang irit karena bisa menempuh jarak 15-16 km dalam setiap liter bensinnya.

Untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima, selama periode mudik lebaran ini pemilik kendaraan Mitsubishi dapat melakukan free general check up di dealer resmi selama masa periode Lebaran Care Campaign.

Tunggu apa lagi? Menjuarai sebagai kendaraan terlaris di Telkomsel IIMS 2019, Mitsubishi Xpander menjadi primadona mobil keluarga masa kini. Tertarik ingin menjajal Xpander? Ada banyak promo menarik untuk pembelian di bulan Mei, mulai dari gratis biaya jasa selama 4 tahun sampai gratis kaca film Konica Minolta. Selengkapnya silahkan lihat infonya di sini.


Oleh: Adit Kurniawan

Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US